Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit

Oke sobat semua pasti pernah mengalami kerusakan tv cina mati total ada suara mencuit yang terdengar saat kita mau reparasi televisi, kita membahas trik untuk melumpuhkan penyakit tersebut pada kesempatan kali ini.

TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit
Cara Mengatasi TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit

Mengatasi Bunyi "Ciiitt" Pada Regulator TV Cina

Mungkin sebagian sobat teknisi dapat menyimpulkan secara garis besarnya bahwa tv cina mati total ada suara mencuit hampir sama kasus permasalahannya dengan kerusakan tv cina standby tidak mau start. Mungkin trik untuk melumpuhkan problem tersebut dapat kita terapkan pada jenis kerusakan televisi dengan merk lainnya.

Hampir dapat dipastikan 95% akar permasalahan pada kasus tersebut adalah terletak pada bagian power supply tegangan yang kita sebut sebagai regulator dari semua kumpulan kerusakan tv di lapangan.

Cara Mengatasi TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit

Regulator untuk semua jenis TV seperti yang kita semua sudah tahu merupakan sumber utama bagi tegangan sirkuit/rangkaian mesin TV, mulai dari tegangan terkecil sampai yang paling besar. Pembahasan kali ini apa jadinya jika pada sebuah bagian regulator tv cina mengalami masalah, contohnya saja terdengar bunyi "Ciii....t".

TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit
Cara Mengatasi TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit

Bunyi tersebut biasanya terjadi karena adanya salah satu komponen yang mengalami kerusakan/short sehingga mengakibatkan terjadinya arus pendek.

Dari pengalaman admin dan teman-teman seprofesi, arus pendek yang mengakibatkan bunyi ciii...t pada regulator ini biasanya di iringi dengan hilangnya sebagian bahkan bisa jadi semua tegangan supply mulai dari tegangan terkecil sampai yang terbesar.

Tentu saja hal ini akan mempengaruhi bahkan jika di hidupkan lebih lama akan menyebabkan regulator bisa jadi sampai terbakar, apalagi pada mesin tv cina yang kita tahu untuk switch keamanannya tidak ada sistem proteksi didalamnya.

Lantas yang harus dilakukan untuk kasus seperti ini ? Berikut langkah-langkahnya :

1. Putuskan jalur tegangan b+ pada flyback

Apabila jalur B+ sudah di putus, selanjutnya hidupkan tv sebantar dan dengarkan apakah masih ada bunyi "ciii...t" pada regulator? biasanya masih terdengar samar hingga mengecil sampai benar-benar hilang suaranya. Jika bunyi "ciii...t" sudah hilang dan semua tegangan sudah kembali normal, Kemungkinan flyback tidak ada permasalahan. Okelah Kemudian kita lanjutkan langkah yang kedua.

2. Solder ulang Pin b+ Flyback

Pastikanlah bahwa flyback memang benar-benar tidak ada permasalahan pada langkah ini, dan jika B+ sudah di soder ulang selanjutnya kita putus satu persatu jalur tegangan di semua kaki-kaki flyback Khususnya pada pin Colektor.

TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit
Cara Mengatasi TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit
Mulailah dengan memutuskan jalur tegangan terkecil di teruskan ke yang paling besar. Kemudian kita hidupkan tv dan coba dengarkan apakah regulator masih terdengar bunyi? Jika dengan langkah diatas memutus satu persatu jalur dari kaki-kaki flyback regulator sudah tidak terdengar bunyi lagi, maka dapat dipastikan di situlah letak permasalahannya.

Pada langkah inilah yang pernah admin alami bahwa masalah pada pin colektor disebabkan oleh salah satu Dioda besar yang terletak di dekat kapasitor yang mengalami short dan mengakibatkan terjadinya arus pendek.

Lantas admin pun mengganti dioda tersebut dengan yang baru dan alhasil pada bagian regulator sudah tidak berbunyi lagi alias sudah jinak, arus tegangannya pun kembali normal. Yang lebih senang bukan main lagi yakni TV pun bisa menyala dengan sempurna dan yang ditunggu-tunggu sudah terbayang didepan mata yaitu akan menerima gaji lagi hari tersebut.

Kerusakan Pin Colektor Sumber TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit

Mengapa admin mengatakan seperti itu ?
Karena pada sirkuit colektor tv cina merupakan salah satu letak tegangan paling besar pada mesin tv tersebut, terutama tv cina dengan model lawas. Artinya Sedikit saja colektor ada masalah dengan nilai tegangan yang dihasilkan maka akibatnya menyebabkan regulator akan mengalami bermasalah yang fatal yaitu tv mati total.

TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit
Cara Mengatasi TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit

Kesimpulannya adalah Pada mesin tv China keluaran terbaru biasanya untuk sistem kerjanya hampir sama Bahkan komponen yang digunakan pun sama. Sehingga permasalahan dengan gejala demikian pada tv China, sangat mudah untuk ditelusuri ketika memiliki pengalaman pada jenis kerusakan mesin tv China yang terdahulu.

Power suply tv China menggunakan jenis AC matic atau smps. Sehingga dengan gejala mati total bisa kita telusuri pada bagian AC matic ini.

Itu saja tips dari Admin untuk sobat semua para teknisi seperjuangan tentang TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit, semoga bisa membantu mengatasi masalah sobat dalam malakukan reparasi TV. Terima kasih dan salam satu lapangan.

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik diatas dan jangan menyertakan link aktif ! karena tidak akan di terbitkan. Terima kasih.

Post a Comment for "TV Cina Mati Total ada Suara Mencuit"