Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Kerusakan Tv Tabung China Gambar Gelap

KERUSAKAN WARNA GAMBAR Pada TV CINA

Sebenarnya untuk postingan kali ini tv yang bersangkutan adalah jenis panasonic dari casing dan tabungnya, tetapi untuk mesin sudah dimodifikasi atau diganti menggunakan mesin tv china atau istilah umumnya bagi para kalangan tekhnisi adalah mesin w-com.

Oke lanjut pada pokok pembahasan, Kedatangan TV Panasonic QuantrixF menurut yang punya, Gambar Gelap Gimana gitu..? Setelah Casing Admin buka,,, Ternyata mesinnya sudah di Perbaharui dengan mesin cina versi WCOM....

Admin coba solder ulang semua part yang ada.. maklum sudah banyak solderan yang retak.. kemudian TV Admin coba ON.. Terlihat di layar gelap sekali, kemudian Admin naikan tegangan screen,, terlihat lah OSD tapi BLURRR...

Langsung Fonis Soket RGB korosi.

Tv Tabung China Gambar Gelap

Setelah soket RGB Admin ganti... tv Admin start, belum sempat ada tampilan layar.. terdengar bunyi klek klek klek.. seiring LAD indikatornya ikut berkedip..

Bunyi tersebut menandakan kalau TR hor atau FBT Shot/rusak... TV Admin matikan,, Admin chek Transistor Horizontal ternyata masih aman..

Berarti FBT yang koit...seri BSC25-T1010

Tv Tabung China Gambar Gelap

Setelah pergantian FBT, TV Admin satart.... Terlihat dilayar Gambar agak kemerahan.. langsung masuk sermod.. Ubek Ubek Bagian Warna .. Ternyata B-Bias Tidak merespon sedangkan untuk R-BIAS dan G-BIAS.. semua merespon...

Tv Tabung China Gambar Gelap

Admin coba Risolder ulang lagi bagian Matrix RGB, Sambil cek TEG INPUT dari CROMA R=2.6v, G=1,8v , B= 1.6v  dan teg di Katoda RGB, R=136v, G=165v , B = 178v  ,,semua masih normal,,

Admin coba Shotkan katoda KB ke grund, ternyata kilatan Biru dari tabung terlihat terang.. menandakan katoda Biru masih aman...

HAMPIR 3 Jam Ubek ubek di bagian Matrix RGB tapi tidak membuahkan hasil... INI benar benar menantang apa lagi Bagi Pemula seperti Admin...hadehhh...

TV Admin Tinggal .. Admin kerjakan kipas angin dan Reciver dulu,, sambil tetap mikir mikir,,,

Sejam Kemudian... Admin coba ubek ubek lagi.. coba tukar tukar jalur.. Jalur KR pindah ke jalur KB Jalur KB pindah Ke jalur KR.. Inputnya juga Admin ubah.. INput KR pindah ke input KB, KB pindah ke INput KR.. ini bertujuan untuk memastikan rangkain jalur KB kerja apa tidak... Ternyata hasilnya sama.. Warna Biru Tetap Ngotot gak mau keluar..

Ya,, Udah,, Masa udah 4 jam lebih.. belum kelar kelar juga,,padahal kerusakannya SEPELE,

Ternyata ada Part Yang terlewatkan Belum Di UPSEN.. Sambil Pelototi Part kecil tiga sederet berjejeran kecil MUNGIL itu sambil Tester siap Tempur...pas tester  di sentuhkan.. ternyata Jarum Gak bergerak.. menandakan si Kecil udah MATIIIIII..

yaitu Resistor 3 berjejer ukuran 100 ohm Berfungsi sebagai filter/jembatan teg INPUT RGB

Tv Tabung China Gambar Gelap

langsung ganti pemain.... TV Admin coba start,,, Clinggggg... gambar langsung NORMAL

Kerusakan Tv Tabung China

inilah pengalaman Terlama Admin dalam Mengatasi Kerusakan RGB matrix...

Walaupun sudah sering mengalaminya,, Namun Belum Pernah Menemukan Resistor IN RGB Terukur Putus.. hehhehehehe... Muda2han bisa berguna buat Pemula seperti Admin dan lainnya... salam SOLDER ,, SuKseS Selalu...

Layar Redup Pada Tv AKIRA

Pernah suatu hari Admin mendapat panggilan untuk menyervice tv china merk Akira 21",typenya tak terdeteksi karena udah Admin cari-cari di sekililing boxnya memang tak tertulis,hanya tertulis AKIRA 21".TV ini milik Bp.Karyo/ibu Supini,ds.Blaran,Barat,Magetan.

Dengan kerusakan gambar yang di hasilkan tidak bisa begitu terang,walaupun pengaturan contrast sudah di set pada level maksimum,gambar tetep saja redup.Disamping redup,untuk saturasi warnanya juga gak normal,terutama untuk warna birunya sangat tipis sekali.Awalnya Admin mengira kerusakan pada CRTnya,tapi menurut sang pemilik,tv ini baru dibeli dari toko sekitar 8 bulan yang lalu.Yaah maklumlah tv jaman sekarang,gak ada yang awet.

Lalu Admin cek tegangan pada pin RGB normal,Admin cek tegangan pada tiap katodanya juga normal,ternyata kerusakan terletak pada sebuah Transistor pada pcb blok RGB,yaitu V630=C3198 dalam keadaan short.

Tv Tabung China Gambar Gelap

Tv Tabung China Gambar Gelap

Setelah penggantian  komponen tersebut,tv Admin coba nyalakan dan MAAK CLLIIIING.....

Tv langsung normal kembali, gambar pun langsung terang kembali dan warnanya juga normal lagi,wiiiuuh nikmatnya jika menuai keberhasilan di dalam bekerja,ALHAMDULILLAH YA ALLOH.

Penting!!!

Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

Tv DETRON P1405 Layar Gelap,Tegangan Normal!

Tv Tabung China Gambar Gelap

Siang yang melelahkan! Gara-gara dapet servisan yang kerusakannya udah merembet kemana-mana,yaitu tv merk Detron type P1405,awalnya ini tv mati total,waktu di nyalakan hanya mendenging saja,setelah Admin cek ternyata Tr horizontalnya short,setelah Tr horizontal di ganti,timbul masalah baru gambar hanya satu garis horizontal yang ternyata IC vertikalnya mati,setelah penggantian IC vertikal pun,masih timbul masalah baru yang kali ini bener-bener bikin pusing,yaitu gambar hanya gelap saja,padahal heater juga sudah menyala semua tegangan juga normal semua.

Bila screen di buka,di layar juga udah timbul garis-garis screen,OSD juga belum mau muncul,hampir 9 jam Admin ubek sumber permasalahannya,awalnya Admin mencurigai IC AV switchnya,udah Admin ganti tapi masih tetep aja tak berkutik,akhirnya Admin putuskan untuk memeriksa semua transistor di sekitar IC kromanya yaitu TA8690AN.

Admin cek satu persatu dan akhirnya sampailah pada Tr Q206 yang bertype BC558 Admin temukan kejanggalan,langsung saja tanpa pikir panjang lagi,Admin ganti aja itu transistor dan langsung Admin nyalakan tvnya dan MAAAK BYIIIAAAR.....iiiiiiyessss berhasil! tv langsung nyala dengan normal.

Akhirnya terbayar sudah konsentrasiku, spanengku, fokusku setengah hari utuh he he. ALLAH Maha Pemberi Petunjuk saudaraku semuanya.

Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.
Artikel di atas ditulis kembali berdasarkan dari berbagai sumber di internet.

Post a Comment for "Solusi Kerusakan Tv Tabung China Gambar Gelap"