Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerusakan TV Merk JVC

TV JVC F Series TR Horizontal Jebol Terus

Pada kesempatan Kali ini ada pengalaman dari seorang sahabat teknisi pada saat menyelesaikan garapan TV JVC F series, yang mempunyai kasus kerusakan yaitu Transistor Horizontal jebol terus, setiap diganti terus dicoba beberapa saat langsung jebol kembali.

Memang Tv tersebut katanya sudah 4 orang yang menangani, tetapi tetap saja tidak membuahkan hasil dan tv tidak kunjung sembuh penyakitnya, kali ini oleh shobat kita beres tv bisa normal kembali tanpa jebol lagi transistor horizontalnya. Setelah diperiksa ternyata betul bahwa begitu transistor tersebut diganti saat dicoba beberapa detik saja tr nya langsung over heat panas nya minta ampun, pantesan saja setiap diganti yang baru selalu jebol lagi hanya waktu beberapa saat saja.

Kerusakan TV Merk JVC

Cara mengatasi TR Horizontal yang selalu jebol terus setelah diganti yang baru, disini kasusnya terjadi pada tv merek JVC F series, tv ini pada rangkaian tanpa trafo driver horizontal, dan menggunakan tr horiontal jenis darlington maka solusinya yaitu di buatkan rangkaian transistor darlington.

Membuat Tr Darlington

Cara pembuatan nya adalah mempersiapkan tr regulator, kemudian ditambah tr horizontal untuk digabungkan dan siapkan juga dioda 4148 dan R 100 ohm, untuk cara pemasanganya bisa lihat skema dibawah:

Kerusakan TV Merk JVC

Setelah Melakukan Pergantian dengan Cara Diatas TV pun Bisa Normal Kembali

Kerusakan TV Merk JVC

Akhirnya tv yang sebelumnya sudah di servis oleh beberapa tangan, dan menyerah sebab penyakitnya tetap tidak bisa teratasi yaitu tr horizontal selalu jebol setiap diganti yang baru, tv JVC tersebut bisa teratasi dan tv dapat menyala dengan normal seperti sebelumnya.

JVC Tr Horisontal C5538 (BU808DFI) Error

KASUS :

  • JVC model 14FT yang menggunakan Tr Horisontal out C5538 (BU808DFI)
  • Sirkit tidak menggunakan tranfo horisontal-driver
  • Mati protek dan horisontal tidak kerja
  • Eks teknisi..... yang telah dibuat bingung........kali

PEMERIKSAAN :

  • Mati protek karena vertikal tidak kerja.....
  • Vertikal tidak kerja karena flyback belum kerja.
  • Cek tegangan B+ normal
  • Cek pulsa osilator horisontal sampai transistor horisontal driver dengan osiloskop semua normal
  • Sinyal horisontal macet pada transistor horisontal-out......ada apa ini ?????....
  • Cek transistor sudah diganti dengan C2499....dan OK-OK saja.....
  • Buka skematik diagram.....transistor orisinil pakai C5388
  • Cari info data C5388 lewat “datasheet4u.com”.........ooooo....ternyata transistor yang dipakai bukan sembarang transistor.......C5388 merupakan transistor “Darlington” yang mempunyai faktor penguatan (hFe) yang sangat besar.......pantesan saja horisontal driver tidak mampu men-drive C2499.......oh... JVC kenapa pada skema tidak digambarkan kalau pakai Darlington ????

Kerusakan TV Merk JVC

SOLUSI :

Kesulitan cari transistor pengganti......kalaupun ada jangan-jangan palsu.....karena transistor sejenis ini jarang digunakan.
Achirnya kami putuskan modifikasi sirkit dengan mencontek teve china yang menggunakan tranfo horisontal-drive.

CARA MODIFIKASI

Lihat skema JVC dibawah yang akan dimodifikasi.

Kerusakan TV Merk JVC

Tr Q521 hingga elko C523 tidak digunakan.
Sebagai penggantinya kami buatkan sirkit horisontal-driver seperti skema dibawah

Kerusakan TV Merk JVC

Dari R531 atau basis V431 dipasang tambahan R 220 ohm ke ground.
Tegangan suply 24v untuk horisontal-drive kami ambil dari suply tegangan audio (A_Vcc) dilewatkan resistor sebuah resistor tambahan 220 ohm 2w.

Kerusakan TV Merk JVC

Tr Horisontal kami gunakan C2499 dan diberi pendingin secukupnya

Tv JVC Matot

Tadi siang dapat servisan tv JVC typeAV-14FT menggunakan ic program MN1873287JA1 dan ic kroma NN5198K IC vertikal AN5521 FBTQQ0072-001 040036350JMT STR G5653 .. dengan kerusakan matot/ mati total setelah aku buka ternyata STR nya pecah dan R390hm keadaan putus .. setelah aku ganti semua komponen tersebut tv langsung aku joba . mak beyaak,... tv langsung normal ... wah senenge atiku di dalam hati .. hehehe.. setelah beberapa menit sekitar setehah jam .. lo.lo.lo. kok mati setaiby .. wah,wah,wah. ono opo meneh iki rusak e kok mrambat .. tv tak buka lagi . trus saya amati ter nyata ada solderan yg retak .. setelah aku solder ulang .. tv trus aku coba . ternyata hidup lagi tv terus aku tutup .. tv terus aku cobalagi beberapa menit . looo kok setainbi maneh .. loo opone meneh iki seng bermasalah ,, jack tv saya jabut sebentar trus saya colok kan lagi tv bisa hidup lagi beberapa menit tv setaiby lagi .. wah.wah.wah.. opone neh iki ... tv terus aku buka terus aku coba aku cek semua teg ter nyata ok .. setelah aku petani ada komponen yg di tempeli pendingi ya iti ic971 =BA51W12ST saya pegang kok panas begitu panas nya berlebihan tv terus protek .. tida pikir panjang ic saya ceplok terus saya ganti,.. tv saya coba normal terus saya reyen sampai 3 jam alkhamdulilah normal .. gk setaiby lagi .. .. asik bayaran ... semoga bermanfaat buat teman2 semua, jangan lupa dengan di irirngi do,a .. salam sukses selalu.?

Cara memperbaiki Tv JVC N Series Gambar Raster terlalu Putih

Kali ini admin posting Cara memperbaiki Tv CRT merek JVC dengan seri N (N Series) yang gambar Gambar Raster terlalu banyak putih, sehingga gambar siaran terlihat kabur nan berkabut.

Kerusakan TV Merk JVC

Kerusakan Jenis ini akibat tidak normalnya tegangan untuk Transistor penguat Video yang ada di Rangkaian Blok di belakang Crt. secara Normal rata2 +180v. jika begini akan terukur sama B+ nya, ini akibat Elco Peratanya Rusak. pada JVC terpasang 4,5uf/250v.

Kerusakan TV Merk JVC

Setelah penggantian, hasilnya normal kembali, untuk chassis Full dari bawahnya sbb:

Kerusakan TV Merk JVC

Kerusakan TV Merk JVC

Semoga Sharing diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman sesama tehnisi.

Tv JVC Protek

Siang tadi dapat pasien tv jvc Nseries, dari seorang pelanggan yang keluhan pertama tv protek, dengan isyarat lampu kedip-kedip. langkah awal solder ulang dilaksanakan. coba tv di on kan.jrett! tv nyala gmbr ada tapi kurang lebar atas bawahnya, cuma 10cm gambar yg bisa dilihat. tapi kalo dibiarkan saja sampe 10menit, gambar tambah melebar, berlahan-lahan. tapi ndut-ndutan/goyang2.

Akhirnya memutuskan untuk mengganti elco disemua bagian vertikal. waduh...cape...elco wis ganti kabeh, tapi koq g ada hasilnya ya...apane kiye...coba ganti ic vertikal AN5539. jrettt!! lho tv malah protek kaya semula.ic vertl barukah yg bikin protek??? coba ic vert lama dipasang kembali.jrett! tv malah protek!!...disolder ulang lagi. sama juga tv tetap protek. ngelamun dlu sambil mikir2, kenapa yah habis ganti ic vertkl baru malah jd kaco protek terus??? tv terus saya hidup matikan cetat-cetet, protek lagi di on lagi, protek kembali. sampai tv terlihat ada gambar seperti semula cuma 10cm, tv langsung protek lg.oh...kesimpulanya masih dibagian vertikal.

Apane yah....mo coba tes semua resistor banyak yg pake jenis smd. r kutu. repotnya....akhirnya Allah ngasih petunjuk dalam kesusahanku. pada ic chroma AN5198K, tepatnya pada pin 46(vert out) ada r smd ukuran 10k. aq pasangkan r 10k tanpa melepas r tersebut. tv bisa on gambar normal, gak protek lagi. terimakasih ya Allah atas petunjukmu.

Niatnya sih mau mencoba ukur r smd yg jd biang kerok, sangat disayangkan r terlepas jatuh. dicari gak ketemu. karna kecilnya. ya wis sing penting kerjaane wis rampung. r401 10k, yg menuju ke pin 46 ic AN5198K yg jadi biang keroknya. Demikian postingan kali ini yang admin tulis berdasarkan dari beberapa sumber di internet, oke semoga dapat memberikan manfaat.

Post a Comment for "Kerusakan TV Merk JVC"