Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerusakan Tv Panasonic Tidak Mau Start

Tv Panasonic Tidak Mau Start

Pendahuluan

Assalamuálaikum..., Salam sejahtera untuk para sahabat pembaca semua, kawan-kawan teknisi dan pengunjung blog sederhana ini yang budiman.
Akhirnya Admin kembali lagi bahas mengenai televisi sebatas kemampuan kami selaku admin disini. Seperti yang pernah kami posting di postingan yang terdulu ternyata pada kenyataannya tv tabung alias CRT masih tetap banyak diminati meskipun pabrikan sudah tidak memproduksinya lagi.
Sedangkan untuk tv jenis non-CRT admin mansyur 81 sudah tidak begitu fokus mendalami kecuali hanya dibagian power suplai dan bagian yang ringan-ringan saja. Kesulitannya di suku cadang dan menurunnya kondisi fisik, biarlah diteruskan oleh anak-anak muda seperti anda pembaca yang masih penuh semangat, namun disayangkan kami belum punya anak didik muda yang bersedia untuk mendalami elektronika reparasi.

Tidak sedikit kaum muda jaman sekarang maunya yang serba instan, maunya kerja langsung mendapat hasilnya, di elektronik repair tidaklah demikian, kerja dan belajar secara bersamaan adalah suatu proses, yang kebanyakan berasumsi kalau gagal sudah tentu tidak bayaran bisa jadi justru rugi karena sudah membeli sparepart ditambah lagi sparepart yang dibeli mengalami rusak lagi.

Di negara berkembang atau miskin tidak sedikit adanya teknisi repair, tidak tahu kalau dinegara maju karena teknologinya sudah mengacu kepada plug and play atau replace yang permasalahannya bukan diperbaiki tetapi langsung diganti.
Kita sebagai orang Indonesia sebenarnya orang hebat dari sisi banyak hal yang mampu dilakukan, tinggal kemauan negara dan pemerintah untuk membuka industri manufaktur bagi pengembangan teknologi agar negeri ini tidak selalu menjadi pasar yang dijajah. Karena landasan Ekonomi yang kuat diawali dengan teknologi yang kuat.
Waduhh... Admin disini sok politisi dan banyak cingclong kali ini, he he .. maaf ya??

Tentang Kerusakan Tv Panasonic

Tv Panasonic tidak mau start

Pembahasan mengenai macam-macam kerusakan pada TV Panasonic, mulai yang tidak mau start sampai pada mati total, maka ada beberapa permasalahan umum atau yang kerap terjadi pada TV Panasonic.

Meskipun secanggih dan semahal apapun, namanya sebuah barang atau produk elektronik pasti akan mengalami yang namanya permasalahan / kerusakan. Termasuk pada sebuah perangkat elektronik televisi, dalam hal ini adalah TV Panasonic tentunya.

Untuk mengetahui jenis kerusakan TV Panasonic terkadang membutuhkan banyak waktu dan analisa yang mendalam. Namun hal itu bisa kita antisipasi yaitu dengan cara memahami setiap kerusakan pada TV Panasonic terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan.

Tiap permasalahan pada TV Panasonic tentu disebabkan banyak hal dan pastinya tidak semua kerusakan tersebut mudah untuk diperbaiki. Selain itu, pada TV Panasonic LED dan tabung juga memiliki cara penanganan yang berbeda-beda pula.

Walaupun berasal dari sebuah brand terkemuka, TV Panasonic tetap bisa mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, agar kita bisa mengatasi kerusakannya, maka pemahaman informasi mengenai kerusakan TV Panasonic terlengkap, mulai dari problem gagal start, rusaknya flyback, hingga gejala gambar rolling harus kita kuasai.

Kerusakan pada TV Panasonic disebabkan oleh banyak hal dan faktor pemicu. Tetapi yang paling umum terjadi adalah adanya kerusakan pada sebagian komponen yang ada pada mesin TV tersebut. yang menjadi pemicu ketika satu komponen rusak, maka pada komponen lainnya bisa menyebabkan kerusakan atau masalah juga.

Untuk kerusakan yang biasanya sering terjadi yaitu terletak pada titik tegangan B+ yang drop, bergaris horizontal, protek lampu indikator berkedip-kedip, TV hidup sebentar mati lagi dan masih banyak yang lainnya untuk seluruh jenis kerusakan.

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada TV Panasonic

TV Panasonic tidak mau start

Kali ini admin mansyur81 coba membahas mengenai cara mengatasi TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, yang kerap dibutuhkan oleh para sahabat teknisi pemula. Pasalnya, permasalahan itu sering kita jumpai pada type TV apa pun. dimana kendala teknis tersebut juga sering muncul seiring waktu pemakaian televisi yang berlangsung sangat lama.

Kita tidak dapat memungkiri bahwa televisi merupakan salah satu barang elektronik yang menjadi media hiburan di saat waktu yang senggang. Intensitas penggunaannya yang tinggi tak jarang membuat kinerjanya semakin menurun. Lalu, bagaimana cara mengatasi TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup? Silahkan disimak penyebab dan tips yang dapat sahabat teknisi lakukan untuk mengatasinya sebagai berikut.

Contoh beberapa kasus atau kerusakan yang umum atau sering kita jumpai pada TV Panasonic, baik itu televisi yang model lama ataupun televisi keluaran terbaru dari Panasonic untuk jenis tabung, LCD ataupun LED.
  • Kerusakan TV Panasonic gambar bergaris horizontal.
  • Kerusakan TV Panasonic nyala sebentar lalu mati lagi.
  • Kerusakan TV Panasonic tegangan B drop.
  • Kerusakan TV Panasonic protek lampu indikator kedip – kedip.
Itu adalah beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi pada TV Panasonic, sedangkan untuk cara penanganannya bisa dilihat pada daftar kerusakan TV Panasonic yang telah admin paparkan di bawah.

Penyebab TV Panasonic Tidak Mau Start Tapi Lampu Power Hidup

tv panasonic tidak mau start
Namun sebelum itu, para sahabat semua juga perlu ketahui, apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan pada TV panasonik tersebut ?

Sedikit tips untuk sahabat teknisi pemula, cara mengatasi permasalahan ini adalah mengganti komponen yang rusak, bisa saja bagian power supplynya, atau bisa saja bagian elconya. Gunakanlah multitester atau avometer/multimeter agar hasil analisis sahabat akurat tentunya.

Oleh sebab itu, ketika terjadi kerusakan, maka harus segera mengganti komponen yang rusak dengan yang baru. Itulah solusi yang bisa dilakukan agar TV Panasonic kamu bisa kembali hidup, wahh.. semua sudah tahu kalo itu, maaf admin sedikit ngoceh biar sahabat betah membaca.

Kondisi yang demikian kemungkinan disebabkan oleh kerusakan pada bagian power supply, dimana gejala dengan kondisi TV yang seperti ini tidak bisa on atau start, walaupun lampu indikator atau LED sudah menyala berwarna merah.

Bila terlihat LEDnya menyala tetapi redup, maka bisa dipastikan tegangan power supply drop, biasanya terjadi pada titik tegangan 50 Voltnya. Coba untuk memeriksa pada daerah elconya, apakah kering atau jebol atau mungkin mengembung ataukah aman-aman saja.

Demikian juga adanya Paparan barang elektromagnetik yang dapat menyebabkan distorsi pada tampilan gambar di layar TV. Karena adanya peristiwa terjadinya tarik-menarik antara frekuensi sinyal yang ada pada barang-barang elektronik yang saling berdekatan. Jika dibiarkan terjadi secara terus menerus, tentu bisa merusak Televisi.

Begitu pula arus listrik yang tidak stabil dapat juga menyebabkan kerusakan pada TV. Televisi membutuhkan listrik yang stabil agar bisa beroperasi dengan baik saat dinyalakan. cara mengatasi hal itu, maka para sahabat bisa menggunakan stabilizer arus listrik. Selanjutnya, TV yang dinyalakan non-stop oleh sang pemilik yang memiliki kebiasaan meninggalkan TV dalam keadaan nyala, dan tidak dimatikan dalam waktu yang relatif lama. Maka bisa memicu kerusakan pada komponen Televisi.

Penyebab lainnya yaitu tersambar petir, tentunya bisa juga menjadi faktor yang menyebabkan kerusakan pada Televisi. karena hal itu, sebaiknya pada saat hujan deras disertai petir, alangkah baiknya segera langsung mematikan TV serta mencabut stekernya dari stop kontaknya.

Selain itu bisa juga karena terkena air, kategori barang elektronik, maka TV tidak boleh terkena air karena selain dapat merusak komponen pada TV, air juga bisa mengakibatkan bahaya pada aliran listrik. Oleh sebab itu, selalu pastikanlah TV sobat semua aman dari cipratan dari air ataupun sejenis cairan lainnya.

Penyebab umum lainnya adalah panas terik dari sinar matahari juga bisa mengakibatkan kerusakan pada TV. Hal ini tentu berkaitan dengan sinar matahari yang bisa menyebabkan over panas pada sebuah mesin Televisi yang tentunya hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen Televisi.

Macam-macam Penyebab TV Panasonic Tidak Mau Start

Dibawah ini daftar beberapa penyebab munculnya permasalahan televisi tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, admin simpulkan berdasarkan yang paling umum terjadi :
  1. Tidak berfungsinya horizontal flyback
    Sering terjadi, gejala komponen fital yang menyebabkan TV tidak mau menyala walaupun power hidup, yaitu horizontal flyback yang tidak berpungsi. Bila komponen itu bermasalah transistor horizontal tidak akan menerima sinyal input dari driver. Selain itu, tidak berfungsinya driver disebabkan oleh tidak tersedianya supply tegangan.

  2. Kabel listrik yang longgar
    Kabel listrik yang longgar merupakan salah satu penyebab TV tak bisa menyala meski lampu indikator power hidup. Penyebab ini juga bisa muncul saat televisi dipindahkan, sehingga kabel yang terhubung di belakangnya menjadi longgar atau terlepas.

  3. Tegangan pada bagian regulator drop
    Untuk gejala yang satu ini umumnya ditemukan pada level tegangan tinggi. Sehingga pada satu kondisi dapat menyebabkan tegangan pada regulator yang diterima menjadi kurang tercukupi, akhirnya dapat mengakibatkan TV tidak bisa menyala walaupun lampu indikatornya dalam kondisi hidup.

  4. Adanya kebocoran dan kekeringan pada elco
    Penyebab terakhir yaitu pada bagian komponen elco TV yang bermasalah. Umumnya, kendala ini dikenal dengan 'mode standby' sehingga televisi tidak mau menyala walau lampu indikator tetap kondisi hidup menyala.

Informasi mengenai kerusakan TV Panasonic terlengkap ini akan membantu para sahabat semua untuk mencoba menganalisis kerusakan yang terjadi pada TV Panasonic, serta cara untuk mengatasinya.

Guna mengetahui kerusakan yang terjadi pada sebuah TV Panasonic biasanya akan membutuhkan analisa secara mendalam dan juga waktu yang tidak sedikit. Tetapi hal tersebut dapat diatasi atau diantisipasi dengan cara sebelumnya mempelajari terlebih dahulu setiap kerusakan, sebelum masuk ke proses perbaikan.

Permasalahan atau kerusakan pada sebuah perangkat TV Panasonic bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti karena kesalahan pengguna atau memang usia televisi yang memang sudah tua. Selain itu kerusakannya bisa bermacam – macam, ada yang mudah diperbaiki dan ada pula yang sulit diperbaiki. Kerusakan tersebut diantaranya seperti TV protek lampu indikator berkedip – kedip, layar bergaris horizontal / vertikal, tegangan B+ short, TV susah start dan lain – lain.

Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai kerusakan pada TV Panasonic, pada kesempatan kali ini admin mansyur81 akan membagikan untuk anda informasi seputar kerusakan TV Panasonic tidak mau start sedetail dan selengkap mungkin. Jadi bagi yang sedang mencari atau membutuhkan informasi mengenai hal tersebut, bisa simak pembahasan lengkapnya pada artikel ini.

Cara Mengetahui Kerusakan TV Panasonic Dengan Cepat

TV Panasonic Tidak Mau Start
Kerusakan TV Panasonic dapat diketahui secara cepat dengan mengikuti trik atau cara berikut ini :

Cari tau penyebab kerusakan, hal ini dimaksud agar pada saat menganalisa jadi lebih fokus pada kerusakan yang terjadi.
Perhatikan fisik mesin dan juga komponen, apakah ada komponen yang kembung, gosong ataupun cairan di PCB.
Perhatikan setiap titik solder dengan cara membalikan posisi PCB, untuk memastikan tidak ada solderan yang renggang atau retak.
Cek speaker dengan cara mengukur resistansinya, kemudian lanjutkan mengecek tegangan supply ke IC suara jika resistensi ternyata tidak bermasalah. Ini berlaku pada kasus TV tidak ada suara.

Lampu filamen belakang tabung harus dipastikan menyala. Kalau ternyata tidak nyala, ukur titik tegangan filamen ground dan H yang letaknya pada PCB di belakang CRT (biasanya nilainya 9v AC). Jika setelah diukur tidak ada tegangan, lakukan pengecekan mundur (biasanya ada sekring yang putus). Lakukan pengukuran pada resistor di kedua kaki colokan. Sembari menekan tombol power, pastikan penyimpanan resistensi tidak berlebih atau mati total. Cek sekring (fuse). Jangan langsung ganti jika ada sekring yang putus, periksa terlebih dahulu dioda serta dioda bridge.

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup (Gagal Start dan Gagal Standby)

Terdapat beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Dihimpun dari laman berbagai narasumber, berikut beberapa metode penyelesaiannya.

1. Buka Rangka Televisi Untuk Menganalisa Regulator

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup dengan Membuka Rangka Metode pertama yang dapat dilakukan, yakni membuka rangka televisi yang bermasalah. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Lepaskan Seluruh Kabel Yang Terhubung ke TV

Pertama, pastikan TV dalam kondisi mati dan tak terhubung dengan kabel apa pun, termasuk kabel listrik.

B. Periksa Tegangan

Selanjutnya, lakukan pengukuran tegangan di bagian B+115 TV. Jika menunjukkan hasil B+ normal, lakukan pemeriksaan lanjutan di bagian transistor horizontal. Namun apabila hasil pengukuran menunjukkan kondisi sebaliknya, segera lepaskan transistor horizontal dan lakukan pemeriksaan ulang.
Hal itu dilakukan untuk mengetahui secara pasti komponen mana yang menyebabkan masalah tersebut muncul.
Apabila tetap tak membuahkan hasil, bisa dipastikan masalah ada pada power supply.

2. Mengatasi TV dengan Metode Soft Reset

Kedua, Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup dengan Soft Reset
Selain membongkar rangka televisi, alternatif lain yang dapat dilakukan, yaitu dengan melakukan soft reset.
Cara ini dapat dengan mudah dilakukan melalui beberapa langkah berikut:
  • Matikan dan cabut stop kontak dari TV.
  • Tunggu sekitar 30 detik sebelum memasangkannya kembali.
  • Setelah itu, coba masukkan steker ke stop kontak dan nyalakan TV kembali.
  • Selesai, melalui cara ini akan membantu proses kalibrasi TV.

3. Mengganti Komponen Elektrolit Condensator / Elco

Selanjutnya yang ketiga, TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup dengan Mengganti Elco Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa gangguan pada elco menyebabkan masalah TV tak mau menyala meski power hidup. Solusinya, kamu harus mengganti komponen elco pada TV dengan yang baru.
Pastikan spesifikasi elco yang baru sama persis dengan kebutuhan TV. Dengan begitu, masalah TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa diatasi dengan lancar.

4. Bawa ke profesional

Untuk yang terakhir, Jika terdapat masalah pada komponen internal TV sudah mentok untuk tidak mungkin diperbaiki sendiri daripada menanggung resiko fatal, ada baiknya kamu membawanya ke tempat servis profesional. Dengan begitu, masalah TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dapat diatasi dengan aman.

Kerusakan Tv Tabung Panasonic TC-21RX50J Gagal Standby

Tv Panasonic Tidak Mau Start

Sebelumnya admin coba ngoceh sebentar ya, merek panasonic atau dulu dikenal dengan 'national', kami masih menemui tv merek ini yang masih menggunakan tabung hampa generasi sebelum transistor kemudian tv black-white (monochrome) atau hitam putih kemudian RGB-color.
Pada paragraf ini admin coba bahas dulu sebagai pelengkap tentang tv tabung panasonic TC-21RX50J dimana kerusakannya tidak bisa standby dan tidak bisa start yang Menggunakan single chip zigzag keluaran micronas. Teman-teman blogger juga sudah banyak yang membahas tentang tv tipe ini termasuk para senior tentunya.

Adapun Gagal standby pada umumnya berkenaan dengan power suplai atau ada bagian nilainya menyimpang dari standardnya baik di bagian primer atau sekunder. Palimg sering adalah pada elko-elko, jalur 3,3V, jalur 5V, jalur B+ horisontal dan jalur photocoupler. Kasus yang admin alami ternyata pada jalur 3,3V dimana ada elko yang kering, hal seperti ini juga sering terjadi pada beberapa jenis tv sharp. Gagal standby biasanya ditandai dengan led power kedip-kedip ataupun bunyi "tuq-tuq" pada speaker.

Setelah bisa standby ternyata tv tidak bisa start baik pakai remot maupun tombol manual. Pengecekan pertama pada jalur SDA-SCL, pada saat dialiri listrik tegangan SDA-SCL sempat terukur kisaran 3V kemudian tegangannya menjadi kisaran 0,5V. Pada saat awal dialiri listrik micom akan mendeteksi semua kondisi bagian yang terhubung ke SDA-SCL dan bagian defleksi horisontal, apabila ada bagian yang tidak sesuai standard maka micom akan mengunci sinyal "on" jadi hanya led power saja yang masih tampak menyala.

Berikutnya kita harus cek kondisi output power suplai karena pada awal dialiri listrik micom mengeluarkan sinyal "on" pada semua bagian kontrol power supply bila ada kegagalam power supply maka akan diprotek.

Kecurigaan kami pada power supply 5V karena tegangan selalu menunjukkan pada 1,5V saja. Tegangan 5V dikontrol oleh ic regulator kaki 5, kami sudah berusaha mencari skema tv tipe ini hasilnya nihil, yang tentunya belum dicari secara keseluruhan pada setiap artikel yang diposting teman-teman blogger. Ada beberapa link yang menyajikan skema tv ini tetapi ketika didownload hasilnya "file not found". Akhirnya kami temukan gambar skema ic regulator ini seperti pada gambar yang ada dibawah ini.

Kerusakan Tv Tabung Panasonic

Kode nomor ic di pcb adalah IC851 tetapi kami tidak menemukan kode di bodi ic-nya. Repot juga mencari sparepartnya kalau seperti ini, kode ic tidak ada, skema pcb pun tidak punya. Tegangan input Vin pada ic ini normal dan tegangan outputnya tidak short atau konslet dengan ground. Sinyal control dari micom terukur kisaran 0,5V entah normal atau tidak kami belum tahu karena tidak ada datasheetnya.

Kami mencoba buka-buka lembaran lama terutama pada tv toshiba atau sony yang sering memakai regulator 5 kaki. Yang kami dapatkan adalah L78MR05 namun datanya tidak sama , tidak ada kontrol on-off dan yang ada kontrol on-off adalah pada KIA78R05API namun tegangan kontrol minimal harus 2V. Kalau kita pasang ic ini apa adanya maka bila kita matikan dengan remot kemudian listrik kita cabut kemudian setelah beberapa saat kita colokan lagi listriknya yang terjadi adalah gagal standby, led power kedip-kedip. Untuk mengakali hal ini maka kita harus membuat tegangan kontrol menjadi minimal 2V. Gambarnya seperti di tercantum dibawah ini.

Kerusakan Tv Panasonic Gagal Standby

Okey geys,, itu solusi yang kami dapatkan dan hasilnya tv sudah menyala dengan normal. Hal di atas kami lakukan karena keterbatasan kami. Hal penting lagi adalah kita harus memberi pendingin yang cukup besar pada ic KIA78R05API agar awet karena ic851 sering bermasalah karena panas di pcb-nya saja agak menghitam. Pasang ic diluar pcb saja, jumper pakai kabel.

Daftar Kerusakan Tv Panasonic Tidak Mau Start

Model

Gejala Kerusakan

Penyebab

Penanganan

TV Panasonic TC5188DM

Protek (horisontal berfungsi sesaat), pin 55 AN5192K-B naik 0,5 volt yang normalnya 0 volt

Kerusakan Q451 (A564)

lakukan penggantian Q451 dengan TR sejenis

Panasonic TC2088

Tv mau hidup tapi hanya membentangan garis horizontal

Tegangan short/panas yang berlebihan

Ganti ic vertikal TA8403K, Periksa juga R525

TV Panasonic TC5188SF

TV Protek

Kerusakan pada D590 (tegangan cuma 1 volt)

Lakukan pengecekan pada pin 36

TV Panasonic Quintrix

Suara denging dan TV susah start

Kerusakan pada elco 10 uF / 160 volt (bocor) dan dioda dekat trafo regulator short

Penggantian pada dioda dan juga elco

TV Panasonic Quintrix F

Lampu led indikator berkedip, TV susah start

Biasanya karena ada solderan yang longgar atau retak, bisa juga karena ada kerusakan pada bagian sofware

Periksa semua titik solderan. Lakukan penyolderan ulang pada seluruh komponen

Type TC-2088

Indikator LED merah semakin redup dan TV tidak bisa start

Tegangan 5v drop, dioda zener D851/6,2v dan Transistor 850 (transistor standby) short

Ganti semua komponen tersebut. Cek juga tegangan ke EEPROM dan Mikom. Periksa juga elco pada bagian regulator 7805

TV Panasonic TC-2088MF

TV standby, tidak bisa start

IC memori rusak

Ganti IC memori 24C04

TV Panasonic TC2099

Layar TV muncul garis horizontal, mati standby

Kerusakan di Xray control R525 39K

Penggantian komponen R525

TV Panasonic TC2198

TV Standby

Kerusakan pada flyback

Penggantian komponen flyback

Panasonic TC-2088DX

TV standby dan vertikal

Resistor ABL bermasalah

Periksa atau ganti resistor ABL (37K)

TV Panasonic TC20S100

TV tidak dapat start, bunyi denging

Kerusakan pada dioda zener D835

Ganti dioda zener D835

TV Panasonic Cannon Dome

Ketika TV dinyalakan hanya terdengar bunyi jreeng, lampu indikator nyala sebentar lalu mati

Kerusakan pada regulator (tegangan output ada yang short)

Cek dioda R2KS (ganti jika short)

Panasonic 14 Inch IC AN5606K

TV tidak bisa nyala, hanya terdengar bunyi bising

Kerusakan di bagian output +90 volt (SE090)

Lakukan pengecekan di relay bagian regulator dan dioda zener 60 volt

TV Panasonic TC-1613R

Tegangan drop semua

Kerusakan FBT (short)

Penggantian FBT TLF 14749F

TV Panasonic TC-14601R

TV tidak bisa start

Kerusakan pada IC vertikal, cek juga power supply 115 volt

Penggantian IC Vertikal, Jika gambar hilang dan blank hanya raster, cek kabel tuner ke antena dan pin tengah tuner

TV Panasonic TC21Z

TV Protek, lampu indikator berkedip (kedip-kedip) warna merah hijau

Short pada tegangan 5 volt dan 8 volt

Penggantian pada kapasitor 1000 mf / 25 volt dan 470 mf / 25 volt

TV Panasonic Gold Series

TV susah start, tegangan naik

Elco 47 uF / 50 volt di rangkaian SMPS kering / bocor

Periksa tegangan B+ , Dioda zener dan periksa elco 47 uF / 50 volt di bagian primer SMPS serta sekunder SMPS

TV Panasonic TC14

TV protek

Kerusakan pada dioda 56 volt (short)

Lakukan penggantian juga pada komponen elco 35/50v/47 mikro, 35 volt 1000 mikro, 50 volt 220 mikro dan juga 7805

Panasonic Model TC2198

stanby

flayback

ganti flyback

TV Panasonic TC-20Z88JA

susah start

elko 35v 10uf(c862)&elko 16v 100uf(c1205) kering

ganti (c862)35v 10uf & 16v 100uf(c1205) dgn yg baru

Panasonic TC-14601R

Tidak bisa start

Cek power suply 115v drop, setelah ditelusuri 115v yang ke suply vertikal di buka 115v ok, cek ic vertikal short

Ganti IC vertikal, cek kabel tuner ke antena dan pin tengah bagian tuner

TV Panasonic TV-20Z88JA

TV susah start

Kerusakan pada elco 35 volt 10uf (C862) dan elco 16 volt 100 uf (C1205)

Penggantian komponen C862 dan C1205

TV Panasonic TC-14S100

TV nyala sebentar lau mati ( lampu indikator led nyala)

Kerusakan pada R522 bagian ABL

Ganti R522 22K

TV Panasonic TC2088

Mati total

STR short

Ganti STR S5707

TV Panasonic TC-14S20

Lampu indikator nyala, TV tidak mau start (sekitar 30 menit baru nyala), short pada tegangan 90, tegangan yang lain normal

Kerusakan elco 47.50 volt di bagian regulator (2 buah)

Penggantian elco 47/50 volt

TV Panasonic TC-2088

TV tidak mau start, lampu indikator led merah redup

Transistor 850 short, Tegangan 5 volt drop, dioda zener 6,2 volt / D851 short

Ganti transistor dan dioda zener, periksa tegangan ke mikom dan eeprom


Salam Penutup Untuk Sahabat Pembaca

Itulah cara mengatasi Tv panasonik tidak mau start tapi lampu power hidup. Para sahabat semua dapat memilih salah satu metode sesuai dengan kebutuhan.
Demikian pembahasan mengenai kerusakan TV Panasonic yang bisa admin mansyur81 bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Kiranya cukup sekian bahasan dari Admin kali ini, maaf bila ada salah satu hal yang kurang tepat dan sekali lagi semoga bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membutuhkan. Dan bila Sobat-sobat menemukan cara lain silahkan di-share di kolom komentar atau dapat membagikan artikel ini ke sosial media para sahabat semua.

Post a Comment for "Kerusakan Tv Panasonic Tidak Mau Start"