Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Template Blogger SEO Friendly Responsive (Faktor Rank 1 Google)

Cara yang bisa kita lakukan untuk pasti masuk ke halaman 1 Google, Saya bilang ampuh 100% yaitu dengan menggunakan template blogger yang ringan loadingnya (fast loading speed) dan tampilan yang rapi (user friendly) di semua jenis perangkat baik itu PC dan Mobile.

Best Template Blogger SEO Friendly Dan Responsive Terbaik

Template Blogger SEO Friendly

Apakah ampuh 100% page 1 google ? Jawabannya IYA, Tapi itu bagi Mesin Pencari (search enginee) seperti Google, Bing dan Yahoo misalnya yang memang algoritma sebuah mesin pencari adalah merayapi sebuah website atau blog (blogspot / blogger) dengan loading speed terbaik untuk menempatkan posisi nomor 1 di halaman pencarian mereka.

Apakah kenyataannya demikian ? Kenyataannya tidak demikian, banyak website dan blog yang besar dengan berbagai fitur menjadi rangking 1 di halaman SE dengan berbagai kata kunci yang persaingannya berat.

Nah ini dia permasalahannya adalah konten, Selalu ingat bahwa website kita berbicara pada manusia bukan pada mesin! Jadi, pastikan konten kamu menarik unik dan berkwalitas untuk dibaca orang.

Jadi kesimpulan ringkasnya kecepatan loading web/blog diprioritaskan oleh mesin pencari tapi untuk kwalitas artikel/isi dari sebuah web/blog diprioritaskan oleh user/pengguna. Perpaduan keduanyalah yang menjadi faktor utama apakah sebuah blog/web dapat terlihat di halaman pertama mesin pencari/search enginee.

Jangan sampai karena terlalu mengedepankan SEO maka konten kamu jadi susah dimengerti, Kata orang SEO itu bukan ilmu pasti guys.

Tapi disini admin membahas Template Blogger yang SEO Friendly Dan Responsive

Template blog atau website adalah desain-desain halaman blog ataupun website beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Seperti yang anda lihat saat ini di blog saya, bahwa terlihat tatanan gambar serta tulisan di layar monitor anda, itulah yang dinamakan template.

Pemilihan template haruslah sesuai dengan isi dari blog Anda dan tentunya SEO Friendly. Mengapa kita harus menggunakan template yang SEO Friendly? ini supaya artikel mudah untuk terindeks oleh mesin pencari, seperti Google ataupun Bing.

Selain itu template blog haruslah Responsive, supaya pengunjung dapat mengakses website Anda pada layar perangkat apa saja, seperti smartphone yang memiliki layar kecil ataupun PC yang memiliki layar besar.

Template Blog SEO Friendly Responsive

Pernah nggak kamu menemui website dengan tampilan yang super bagus namun loadingnya lama banget (lemmot)? Tampilannya memang bagus dilengkapi dengan berbagai macam jenis fitur yang di sajikan seperti javascript, CSS, video, gambar yang warnanya menarik tetapi sangat lama waktu diakses.

Dengan Melihat kasus diatas pastikan kamu menggunakan Javascript dan CSS seperlunya saja! Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik bukan?

Sekarang ini bisa dilihat semua kalangan sudah menggunakan smartphone untuk menemani aktivitas mereka. Maka dari itu, Google sudah menerapkan Mobile First Indexing atau bisa disebut MobileSEO.

Metrik tersebut digunakan Google untuk menentukan peringkat website ataupun Blog berdasarkan kualitas versi mobile dari website / blog tersebut.

Kualitas mobile bisa dilihat dari tampilan versi mobile, performa website dapat diketahui ketika dibuka dalam browser mobile serta semua konten yang ada.

Diperlukanlah namanya SEO yakni serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui search engine menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan algoritma tertentu.

Jika website berada di halaman pertama dalam search engine (mesin pencari), dan menempati posisi teratas maka peluang datangnya pengunjung sangat besar.

Salah satu prioritas SEO yang harus kita lakukan yaitu penggunaan template/tampilan di blog kita :

Template atau Tema (Theme) yang kita gunakan harus ramah mesin pencari (SEO friendly) dengan ciri-ciri sebagai berikut:

Ramah seluler (mobile-friendly, responsive)

Ramah seluler artinya adaptif, responsive, sehingga mudah diakses melalui HP. Ramah pengguna artinya enak dipandang, enak dibuka, sedap di mata pembaca atau pengunjung.

Template yang tampilannya bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kita gunakan, semisal dibuka di ponsel atau gadget, ukuran template ini secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran perangkat. Jadi kita tidak perlu melakukan zooming terhadap artikel atau gambar yang terlihat di area postingan.

Manfaatnya sangat besar sekali, karena google akan mengacu kepada MobileGeddon, yaitu blog yang mobily friendly atau ramah dalam penggunaan pada ponsel.

Ramah pengguna (user friendly)

Template yang sederhana, minimalis dan bersih sangat disukai google. Selain nyaman dan enak dipandang, akan terlihat rapi dan tidak acak acakan. Pengunjung pun akan merasa lebih memahami isi dari blog anda dari halaman per halaman dengan rasa nyaman berlama-lama di blog kita.

Ringan, tampil cepat (fast loading)

Ramah mesin pencari artinya mudah dan cepat dirambah, diindeks, dan diperingkat oleh Google atau mesin telusur lainnya. Kecepatan loading blog yang lambat akan memperburuk masa depan blog anda sendiri, selain pengunjung juga tidak sabar menunggu, template blog yang lamban juga buruk dimata SEO. Jadi pilihlah template yang loadingnya cepat.

Di blogger atau blogspot, anda dapat mengganti template blog anda secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing. Jika anda telah mahir membuat template sendiri, anda dapat menggunakan template tersebut untuk blog anda.

Namun, jika anda masih awam dalam membuat template, pihak blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan.

Mengapa Pentingnya Menggunakan Template Yang SEO friendly ?

Pernah nggak kamu ngerasa males buka website yang loadingnya lama banget? Nah mungkin inilah yang jadi salah satu alasan mengapa website kamu nggak muncul di halaman pertama Google.

Kecepatan akses ini dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek lho misalnya ukuran gambar yang terlalu besar, gambar memiliki dimensi yang besar, script yang berlebihan, tidak memperhatikan cache dan sebagainya.

Ukuran gambar yang besar sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses website. Pastikan kamu telah melakukan optimalisasi gambar hingga 70-80 persen dari ukuran aslinya. Kamu bisa gunakan aplikasi Photoshop atau aplikasi kompresi gambar seperti Imageoptim atau JPEGMini.

Pastikan kamu menggunakan gambar dengan format JPEG/ JPG atau PNG ya. Dan pastikan juga kamu menggunakan dimensi gambar yang tepat.

o ya sedikit tips hampir kelupaan, Pastikan kamu memasukkan gambar dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Karena waktu loading merupakan salah satu faktor penting dalam mobile. Mengingat koneksi mobile lebih lambat jika dibandingkan dengan desktop.

Dimana Kita Bisa Mendapatkan Template Blogspot Terbaik ?

Kita dapat pula mengunduh atau mendownload template blogger gratis dari penyedia template blogger yang banyak tersebar di internet sesuai dengan keinginan kita, disana terdapat ratusan template blogger yang bisa anda gunakan secara gratis, jika tidak punya banyak waktu untuk mendesain sendiri tampilan website kita dan tidak mau repot-repot dengan hal-hal tekhnis seperti itu.

Best Template Blogger SEO Friendly

Namun, jika anda menggunakan template gratis, syarat yang harus ditaati adalah tidak boleh menghapus atau menghilangkan credit link dari pembuat template tersebut.

Dengan tidak membuang link credit pembuat template, itu adalah sebagai apresiasi atas kerja keras mereka dalam menyediakan template secara gratis.

Untuk Terakhir kalinya, pernah kah kamu memperhatikan bahwa website yang ada di halaman pertama Google selalu jadi prioritas utama? Tidak dapat dipungkiri kalau kita sedang berselancar di Google atau biasa disebut “gogling” pasti selalu melakukan klik website yang ada di halaman pertama?

Pertanyaannya Bisa apa tidak website/blog kita bisa tembus di halaman pertama Google? Atau bahkan bisa muncul di urutan pertama? Semoga pembahasan di atas dapat membuat blog dan website anda bisa secara perlahan-lahan menaikkan peringkat di hasil pencarian google, syukur bila artikel ini yang nangkring di posisi nomor satu dengan kata kunci yang banyak dicari, Amien ...... 1000x.

Demikian artikel ringkas tentang Pengenalan dan Pengertian Template Blogger SEO Friendly Dan Responsive.

Mungkin post ini bagi para master yang sudah lama di dunia blogging merupakan artikel yang tak ada manfaatnya namun saya yakin bagi para pemula yang baru saja membuat blog artikel ini akan sangat berguna bagi mereka.

1 comment for "Template Blogger SEO Friendly Responsive (Faktor Rank 1 Google)"