Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah ini Basa-basi Jika Anda Ingin Jualan Laris Manis di Shopee ?

Inginkah anda berJualan di Shopee dan Produk kita Laris Manis?
Inginkah anda berJualan di Tokopedia dan Produk kita Laris Manis?
Inginkah anda berJualan di BukaLapak dan Produk kita Laris Manis?
Inginkah anda berJualan di Zalora dan Produk kita Laris Manis?

Atau bahkan di Situs E-Commerce Terbaik dengan Konten Ter-update Yang tak kalah popularnya seperti :

Toko Online besar Shopify yang merupakan Salah satu marketplace sukses, Shopify memang selalu mampu menghadirkan yang terbaik, termasuk pada blog yang dimilikinya.

Online store E-Commerce Nation Sebagai komunitas e-commerce terbesar di Eropa, E-commerce Nation tentu selalu ingin menjaga kredibilitas dan profesionalismenya.

Cara Jika Anda Ingin Jualan di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan marketplaca lainnya jadi Laris Manis Jalankan Tips Ini.

Untuk artikel ini admin hanya mewakilkan tips-tips untuk jualan di shopee laris manis, tapi intinya berlaku pada semua marketplace dan toko online yang lainnya.

Berjualan secara online kini semakin diminati, baik itu lewat media sosial atau lewat e-commerce seperti Shopee. Karena penjual tidak perlu bingung mencari toko dan mereka bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Tapi mungkin untuk penjual pemula yang baru pertama kali berjualan online, proses membuka toko dan berjualan ini agak sedikit membingungkan.

toko online terbesar di indonesia

Begitu gencarnya promosi yang dilakukan Shopee di beberapa media massa terutama televisi, telah membuka mata publik terhadap marketplace ini. Tak ayal bila kemudian traffic Shopee terus meningkat dari promo yang dihadirkan tersebut.

Tidak hanya dari pembeli atau konsumen, trafik di Shopee juga semakin meningkat dari kegiatan pengguna yang membuka toko baru.
Dengan mencoba peruntungan jualan di Shopee, para pemilik toko baru ini tentu harus berjuang keras untuk bisa mendapatkan perhatian pembeli.
Saat merintis toko atau mengawali jualan Shopee ini memang Anda akan mendapati kesulitan yang lebih.

Ini karena toko Anda masih belum memiliki rating dan masih banyak yang perlu dipelajari. Tapi jangan khawatir, beberapa kiat dan tips berikut ini bisa Anda terapkan agar orderan pertama bisa segera Anda dapatkan.

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, keberadaan Shopee memang banyak menarik perhatian publik atau masyarakat.
Tidak hanya bagi konsumen atau pembeli, tapi banyak dari pebisnis yang juga tertarik untuk menjual produknya di Shopee.

Dengan banyaknya program promo yang dihadirkan Shopee memang banyak penjual yang kemudian tertarik untuk berjualan di marketplace ini. Tapi untuk bisa sukses dan membuat banyak produk laku di Shopee tentu tidak semudah dibayangkan.

Adanya tingkatan reputasi toko menjadi bukti nyata bahwa menghadirkan kesuksesan di Shopee butuh waktu dan proses.
Tapi Anda bisa memulainya sekarang atau hanya menunggu esok hari dan esok hari lagi dengan kegalauan dan predikat gagal.

Untuk itulah berikut ini ada beberapa tips dari juara satu Shopee Campus Competition (Mutia Tri Ramadhian, Selvia Ligar Utami, dan Nabila Qisthina) yang bisa Anda terapkan untuk membuat produk laris manis di Shopee.

Kwalitas Foto Terbaik - Pemajangan Gambar-gambar Produk Yang menarik, jelas dan Resolusi Tinggi/bagus.

foto produk yang baik

Pertama, tips jualan laris manis di Shopee dari pemenang pertama Shopee Campus Competition adalah memajang foto terbaik.

Foto memang sangat berpengaruh pada respon dan perhatian konsumen. Bila foto Anda asal-asalan dengan resolusi yang jelek maka jangan berharap konsumen akan langsung membeli produk Anda. Konsumen yang bertahan beberapa menit saja di lapak, itu sebuah hal yang perlu disyukuri. Biasanya lapak dengan kualitas foto yang buruk sangat besar kemungkinannya untuk ditinggalkan. Meski Anda berdalih lapak Anda memajang “Real Picture”, tapi bila konsumen melihat toko lain dengan foto yang lebih bagus, mereka akan lebih memilih toko lain tersebut.

Memajang foto terbaik bukan berarti Anda harus memotret dengan menggunakan kamera DSLR. Tapi dengan kamera digital atau smartphone yang beresolusi cukup, Anda sudah bisa menghadirkan foto terbaik dan menarik untuk toko di Shopee. Pastikan juga pencahayaan yang baik dan background yang tepat saat membidik produk. Saat memotret, pastikan tangan tidak goyang agar tidak menghasilkan foto blur.

Deskripsi Jelas - Keterangan Tentang Produk Yang Tegas lugas Simple.


cara buat deskripsi produk yang baik

Setelah foto, Anda juga perlu membuat deskripsi yang terbaik. Deskripsi yang nantinya akan dibaca oleh calon konsumen, juga memiliki pengaruh besar untuk mereka memutuskan untuk membeli atau tidak.

Agar konsumen benar-benar tertarik membeli produk Anda, cobalah untuk membuat deskripsi sejelas mungkin. Pastikan dengan deskripsi yang ada, konsumen sudah paham dan tak perlu menghubungi Anda melalui chat.

Contoh deskripsi yang jelas pada produk baju adalah berapa ukurannya, di sini Anda harus menjelaskan dengan detail lebar dada, panjang baju dari masing-masing size yang bisa dipilih.

Jangan lupa juga munculkan bahan baju serta warna atau motif apa saja yang tersedia untuk dibeli.

Memaksimalkan layanan 24 jam Customer Servis - Respon Konsumen dengan Cepat yang Ditanyakan.

pelayanan yang ramah pada pembeli

Berikutnya, tips jualan di Shopee agar laris manis adalah dengan cepat merespon konsumen bila ada yang menghubungi.

Shopee memang memiliki fitur chat yang memungkinkan konsumen dan penjual bisa saling berinteraksi satu sama lain. Nah dari sini tak jarang calon pembeli yang memanfaatkan fitur ini untuk bertanya atau memastikan info yang ada di deskripsi.

Sayangnya dalam kenyataan, tidak semua penjual bisa merespon dengan cepat pertanyaan yang diajukan konsumen.
Dari sini meski Anda sudah menghadirkan produk terbaik tapi tidak merespon konsumen, maka bukan tidak mungkin toko Anda akan ditinggalkan calon pembeli.

Bila pun reputasi toko Anda sangat baik, tapi bila slow respon, calon pembeli biasanya akan berpindah dan mencari toko lainnya.

Membangun Popularitas dan Kepercayaan Serta Pertahankan Rating Lapak Toko yang Baik

membangun kepercayaan kepada pelanggan

Dalam bisnis online dengan marketplace sebagai medianya, memang akan dijumpai penilaian dan rating.

Di Shopee sendiri penilaian atau rating sendiri dapat dilakukan oleh pembeli dan penjual. Tapi Anda yang ingin produk laris manis dan sukses berjualan di Shopee, maka Anda harus cermat dengan rating di lapak dan toko Anda.

Pastikan Anda bisa mempertahankan rating lapak dan toko dengan baik. Meski Anda tidak bisa menghindari rating buruk karena bisa saja adanya oknum atau kompetitor yang bermain nakal, tapi Anda bisa meminimalisirnya.

Caranya, hadirkan produk terbaik dan mintalah pembeli Anda untuk memberikan rating yang baik. Pentingnya rating bagi lapak dan toko ini bahkan membuat beberapa penjual menetapkan aturan tersendiri bahwa pembeli yang memberikan rating buruk akan diblokir sehingga tidak bisa membeli. Tentu saja aturan ini juga bisa Anda terapkan pada toko atau lapak Anda.

Membuat Voucher Toko atau Diskon Produk dengan Penawaran Menarik


membuat diskon promo produk

Siapa sih yang tak ingin membeli produk yang berpromo. Nah keinginan dari konsumen yang ingin mendapatkan promo ini bisa Anda akomodir dengan cara memakai fitur Voucherku di Shopee. Caraya, di Seller Center Shopee ada cari bagian ‘Promosiku’.

Setelah itu pilih ‘Buat Voucher Baru’ dan mengisi semua informasi di kolom ‘Informasi Voucher’. Jangan lupa centang kotak ‘Berlaku untuk semua produk’ dan Klik ‘Simpan’.

Nah dari sini maka toko Anda akan mendapatkan promosi dari pihak Shopee yang akan menghadirkan order pertama untuk toko Anda.

Harga yang Kompetitif Tapi bukan Harga Murah untuk Produk Murahan

promo diskon shopee

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan untuk bisa mendapatkan order pertama di Shopee adalah dengan memberikan harga kompetitif.
Bisa jadi hal yang membuat Anda tak kunjung mendapatkan order adalah harga barang di toko Anda yang terlampau mahal.
Harga yang terlampau mahal memang bisa membuat konsumen kabur dan memilih toko yang menghadirkan harga lebih terjangkau. Maka dari itu cobalah Anda telusuri harga dari beberapa kompetitor.

Bila benar adanya harga produk toko Anda terlalu mahal maka cobalah untuk mengedit harga dan cantumkan harga yang lebih terjangkau.

Variasi Produk yang Memanjakan Pembeli dengan Berbagai macam Pilihan


membuat variasi produk di shopee

Bila Anda memang memiliki produk dengan banyak variasi, maka cobalah menghadirkannya ke toko.

Variasi produk ini bisa bermacam-macam aspek atau unsurnya seperti warna, motif, ukuran, model, dan lain sebagainya. Semakin banyak variasi produk yang Anda hadirkan maka akan semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan order pertama.

Tapi bila memang produk Anda tidak memiliki variasi, maka cobalah untuk menghadirkan produk lain untuk dijual.
Banyaknya produk yang Anda upload dan siap dijual, juga akan memperbesar kans memperoleh order pertama.

Sebarkan di Media Sosial dan Apikasi Instan Messaging Lainnya


cara sebar produk di sosial media

Terakhir, langkah yang bisa dilakukan untuk menghadirkan order pertama pada toko rintisan Anda di Shopee adalah dengan menyebarkan ke media sosial dan aplikasi instan messaging.

Bila bisnis Anda belum punya akun media sosial, buatlah terlebih dahulu.
Setelah itu, agar banyak orang yang mengetahui Anda punya toko di Shopee, maka Anda bisa membagi link lapak Anda ke media sosial.
Selain media sosial seperti facebook, Twitter dan Instagram, Anda juga bisa membagi informasi toko Shopee ke aplikasi instan messaging seperti WhatsApp.

Dengan Anda rajin mempromosikan produk dan toko Shopee ke media sosial dan aplikasi instan messaging, maka peluang Anda mendapatkan order pertama dari pembeli akan semakin besar.

Rajinlah Menaikkan Produk (Khusus Untuk Di Marketplace Shopee)

cara laris manis jual di shopee
Berikutnya, cara atau tips untuk bisa segera mendapatkan order pertama di Shopee adalah dengan rajin menaikkan produk.

Di Shopee memang ada sebuah fitur ‘Naikkan Produk’ untuk setiap toko. Nah dari sinilah Anda sebagai pemilik toko harus rajin untuk mengaktifkan fitur ini dengan cara mengklik pada opsi di masing-masing produk. Dengan fitur ini sendiri maka produk Anda akan bisa tampil di pencarian teratas setiap 4-5 jam.

Produk yang bisa dinaikkan sendiri adalah 5 produk untuk setiap periode pengaktifan fitur. Karena dibatasi waktu dan jumlah produk yang bisa dinaikkan, maka Anda harus rajin-rajin mengaktifkan fitur ini.

Itulah beberapa tips dan kiat yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan order pertama di Shopee. Tentu agar benar-benar mumpuni tips ini, maka Anda harus menjalankannya dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

Cara Membuka Toko di Shopee Dan Menjual Produk Untuk Pemula

Biar lebih lengkap sekalian admin share untuk temen-temen pemula yang masih bingung cara berjualan di marketplace shopee tanpa harus menunggu waktu besok dan besoknya lagi.

cara daftar di shopee

Berikut ini adalah cara mendaftarkan toko di Shopee yang akan berguna untuk Teman-teman penjual pemula.

1. Daftar Akun Shopee

Pertama buka situs resmi Shopee di browser desktop. Selain lewat komputer Teman-teman juga bisa mendaftar lewat hp (smartphone) menggunakan aplikasi Shopee yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Buka akun baru dengan klik tombol Daftar yang ada di sisi kanan atas. Setelah diklik, isi formulir yang ada dengan data pribadi Teman-teman.

2. Buka dan Atur Toko

Setelah terdaftar, pilih menu Jual yang ada di sisi kiri atas. Untuk di smartphone, Teman-teman bisa mengakses menu ini dengan klik tab Saya yang ada di sisi kanan bawah layar dan klik opsi Mulai Jual yang ada di sisi kiri atas.

Setelah itu Teman-teman akan masuk ke dalam fitur Shopee Seller Centre. Ini semacam pusat kendali untuk mengelola toko Teman-teman.

Pilih menu Pengaturan Toko. Kemudian isi profil toko Teman-teman, mulai dari nama toko, deskripsi toko, logo/foto toko dan banner toko. Setelah semuanya diisi, klik Simpan.

3. Atur Alamat Toko dan Jasa Pengiriman

Setelah itu pilih menu Alamat Saya untuk mengatur alamat toko Teman-teman. Selanjutnya klik tombol Tambah alamat baru. Isi formulir yang ada dengan rincian alamat toko dan klik Simpan.

Setelah itu pilih menu Jasa Kirimku untuk mengatur jasa ekspedisi pengiriman yang akan digunakan toko. Akan ada beberapa opsi, dan klik toggle yang berada di jasa kirim yang diinginkan hingga berwarna hijau.

4. Atur Rekening Bank

Setelah itu, Teman-teman bisa mengisi rincian rekening bank untuk melakukan pembayaran atau menerima uang penjualan. Caranya klik menu Kartu/Rekening Bank. Nantinya Teman-teman akan diminta memasukkan password akun Shopee Teman-teman untuk verifikasi.

Untuk menambahkan rekening bank, klik opsi Tambah Rekening Bank. Setelah itu isi form yang ada dengan rincian rekening bank Teman-teman dan klik Lanjut.

5. Mulai Berjualan

Sekarang toko Teman-teman sudah jadi dan siap untuk berjualan. Untuk memulai berjualan, klik ikon kotak yang ada di samping nama akun dan pilih menu Produk Saya.

Untuk menambahkan produk jualan Teman-teman, klik opsi Tambah Produk Baru. Tuliskan nama produk dan pilih kategori yang cocok untuk produk jualan, misalnya Pakaian Wanita , Atasan , Kemeja dan klik Lanjut.

6. Masukkan Rincian Produk

Masukkan informasi lebih rinci tentang produk di form yang disediakan. Mulai dari deksripsi, merek, asal produk, bahan dan style. Setelah itu isi informasi penjualan termasuk harga dan jumlah stok produk.Unggah foto-foto untuk memamerkan produk jualan Teman-teman. Shopee memungkinkan Teman-teman untuk mengunggah hingga sembilan foto. Kemudian masukkan rincian untuk pengiriman termasuk berat produk dalam gram, ukuran paket dan ongkos kirim.

7. Toko Siap Berjualan

Setelah semuanya terisi, klik Simpan dan Tampilkan. Ulangi langkah memasukkan produk hingga semua produk jualan terunggah di Shopee. Sekarang produk jualan Teman-teman sudah bisa dicari dan dilihat oleh semua pengguna Shopee.

Demikian akhir dari artikel kali ini admin bagikan dan semoga dapat bermanfaat untuk para pemula yang ingin terjun dalam dunia bisnis toko online yang simple dan mudah dilaksanakan. Tapi itu tentunya tidak semudah yang admin posting disini sebagai sebuah teori, akan tetapi perjuangan dan kesabaran yang sangat berperan untuk mencapai impian dan gol teman-teman di waktu mendatang. Salam SEMANGAT SELALU yang tak pernah usang.

Post a Comment for "Apakah ini Basa-basi Jika Anda Ingin Jualan Laris Manis di Shopee ?"