Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Kerusakan TV LG

Kerusakan Televisi LG Flatron 21FB7CG Transistor horizontal Cepat Rusak

Kerusakan Televisi LG

Kerusakan Televisi LG type Flatron 21 FB7CG dengan no.chassis CW81A yang menggunakan Ic single LV76213 3C 54C8,STR w6654A,dan aisy vertikal LA78040 dengan kerusakan tv selalu rusak lagi dan harus diservice ulang TV LG nya.
Pada umumnya Dari gejala awal tampaknya di sebabkan karena tegangan B+ yang nggak normal, coba buka casing tvnya dan lakukan pemeriksaan segera yang kemungkinan TR horizontal dalam kondisi short.

Langkah pertama kita ganti transistor horizontalnya dengan yang baru dg nomor seri TT2190 atau persamaan sejenisnya,kemudian coba Tv ON kan hingga dapat menyala dengan normal dan sambil mengamati panas dari TR horizontal tersebut apakah memang normal-normal saja alias tidak terjadi kenaikan suhu yang begitu cepat. Kemudian lakukan pengukuran tegangan di pin B+ FBT,jika di titik ini terukur tegangan senilai 149V segeralah OFF kan tv sebelum Tr horizontalnya jadi korban lagi alias rusak.

Lakukan pengecekan semua komponen di jalur B+ yang menuju Auto Couplernya,karena di area inilah jika terjadi masalah bisa menyebabkan tegangan B+ menjadi naik, Umunya biang kerusakan dapat di temukan pada resistor R815=91K yang telah melar menjadi 149K dan resistor R816=91K juga melar menjadi 102K.Setelah penggantian kedua Resistor tersebut tv ON kan dan ukur lagi nilai tegangan B+ nya apakah sudah terukur sekitar 110V stabil ? itu baru aman untuk TR horizontalnya.

Penyebab Kerusakan TV LG Pearl Black Type 29FU3RL Cacat Raster

LG pearl black type 29FU3RL dengan kerusakan gambar normal hanya saja ada garis-garis hitam di tengah-tengah layar.Tv ini menggunakan Ic tunggal type TDA12011PQ/N1F00 dan Ic vertikal STv9326.Untuk tahap awal coba ulang semua titik solder di semua bagian,setelah selesai hidupkan lagi tv apakah masih tetap muncul garis-garis hitam? Cek semua tegangan apakah dalam keadaan normal semua?

Jika memang demikian lakukan pengecekan secara visual,jika didapati tidak ada komponen yang hangus terbakar dan tidak terdapat ada tanda-tanda yang mencurigakan pada heatsink Ic vertikalnya, periksa lebih lanjut,kemungkinan penyebab kerusakan bersumber dari elco C415=1000uf/35V yang njebrot body bagian sampingnya, langsung ganti saja dengan yang baru terus tancep gas ke posisi pengetesan dan gambar pasti langsung MAK NYOSSS lagi.

Macam-macam Kerusakan Tv LG

Kerusakan TV LG RD-21FB70V Mati Standby

Tv LG chassisnya bernomer SC-023D dengan type RD-21FB70V dengan kerusakan mati standby.Chassis tv ini menggunakan Ic single type LG8046-32A atau Ic 8823CPNG5JK3, Ic vertikal LA78040, dan STR F6654.
Pertama coba kita pasang dulu yokenya,tancepkan kabelnya ke soket. Kemudian jauhkan tudung anoda dari mainboard, dan juga board RGBnya, tv coba ON kan, LED indikator menyala merah,kemudian pencet tombol CHANEL + nya di panel, lihat dan amati apa yang terjadi?

Jika tak ada reaksi apapun dan LED tidak berkedip sama sekali,maka tindakan selanjutnya lakukanlah pengukuran tegangan di pin POWERnya yaitu pin 64 dan terukur tegangan sebesar 2.5V, pencet tombol CHANEL + jika tegangan di titik tersebut tidak mau HIGH maupun LOW, di pin KEY pun ternyata tidak menunjukan reaksi apa-apa.

Lalu untuk langkah reparasi selanjutnya pemeriksaan beralih ke pin RESET nya yang pada umumnya saat kondisi seperti itu terukur tegangan senilai 4.5V biarkan saja tidak perlu dipermasalahkan,beralih ke pemeriksaan ke XTAL nya,biasanya di kedua pinnya tegangan masing-masing terukur senilai 2.5V dan 1.8V untuk nilai voltage pada umumnya pin SDAnya terukur tegangan senilai 3.2V dan di pin SCLnya terukur tegangan senilai 0.9V di sinilah titik kerusakan yang kita harus selesaikan,seharusnya tegangan di pin SDA dan SCL setidak-tidaknya tegangannya sama yaitu 3,2 sampai 3,8 volt.

Segera periksa tegangan di sepanjang jalur SCL, disitu akan kita temukan penyebab tegangan yang kurang atau tidak normal yaitu dioda D23 dalam kondisi setengah short circuit .Dioda D23 dapat diganti dengan IN4148,setelah pergantian tersebut tv pun sudah bisa ON start lagi.

Cara Mencari Kerusakan TV LG Turbo Champ Layar Berkedip

Tv LG Turbo Champ type RF-21CA21E,yang menggunakan IC single type TDA9381PS/N2/3/0472 -01CTMPH004A,kerusakan tv ini bila baru di hidupkan suara normal tapi gambar lambat munculnya,sementara gambar hanya blank hitam,padahal H/T juga sudah menyala,bila potensio screen di buka layar juga sudah memberikan respon dengan munculnya garis blanking,tetapi setelah beberapa menit gambar bisa muncul,hanya saja dalam kondisi berkedip dulu dalam artian bukan bergoyang ,setelah berkedip beberapa saat,barulah gambar mulai normal.

Pada kasus seperti ini bisa dipastikan kerusakan terjadi pada rangkaian vertikalnya,tepatnya pada C304 senilai 100uf/35V,setelah penggantian komponen tersebut,baru tv bisa normal kembali dan hidup seperti sedia kala.

Penyebab Kerusakan TV LG

Cara Mengetahui Kerusakan Pada TV LG Layar Gelap

Layar gelap tapi suara normal dan cara menyuntik crt pin G2 short dengan G1 Tidak ada gambar tapi suara normal , tv nya merk LG model Slim.
Pemeriksaan dapat di mulai dengan membuka casing belakang, kemudian nyalakan tv untuk mencari tahu penyebab layar tidak bisa nyala, tampak ada getaran halus yang berasal dari FBT di sertai kilatan kecil di layar pertanda mesinnya bisa kerja dengan baik, dan terdengar suara dari siaran stasiun tv tertentu namun layar tetap gelap.

Terlihat pula lampu filamen heater nyala, ada tegangan 180v untuk RGB, teruskan ke katoda RGB normal semua dan terakhir cek tegangan Screen/G2 yang ternyata 0 volt,nah dilangkah inilah kerusakan bisa diprediksi. Lalu matikan tv dan coba lepas modul Matrix RGB nyalakan lagi, cek strum G2 keluar 150v dan ukur pin G2 dengan G1 pakai Ohmmeter selektor x1k, jika jarum meter bergerak, ini berarti pin G2 crt sudah short ke pin G1.

Gangguan short pin G2 ke G1 pada CRT Slim 21 seperti ini sering diketemukan, tegangan grid Sreen yang drop mengakibatkan layar menjadi gelap dan hanya suara saja yang normal.Memang agak mengherankan produk tv sekarang cepat sekali rusak jika dibandingkan dengan keluaran terdahulunya yang bisa bertahan di atas 5 tahunan. Trik mengatasi masalah ini dengan cara menembak pin G2, dan supaya lebih yakin lagi kemudian cek ulang hubungan antar pin crt mulai dari kiri ke kanan atau searah jarum jam N.C / G1 / KG / G2 /KR / H1 / H2 / KB / N.C.

Disitu kita akan mendapati kenyataan bahwa G2 memang sudah short ke G1/ground. Saatnya untuk mempraktekan dan melakukan persiapan yaitu lepaskan kabel screen , kapasitor screen, kabel fokus disoket crt, serta ambil seutas kabel dan saklar on/off mekanik. Pertama-tama ujung kabel di solderkan ke titik Screen kaki soket crt dan ujung kabel yang lainnya di solderkan pula pada kaki saklar on/off mekanik sedangkan kabel fokus yang tadi sudah di lepas dari soket crt di solderkan pada kaki saklar on/ off yang satunya lagi . Tujuan pemakaian saklar on/off mekanik adalah sebagai putus-sambung aliran tegangan fokus. Tegangan fokus yang nantinya akan di suntikkan ke titik Screen supaya grid G2 bisa terlepas dari grid G1.

Persiapan merakit alat tembak dadakan sudah selesai, ini diperuntukkan bagi yang tidak punya alat tembak khusus crt !! Untuk tahap pertama mencoba dengan menggunakan tegangan fokus dulu sebab tegangan fokus yang di hasilkan saat FBT bekerja bisa mencapai 500v ke atas jadi masih ideal untuk merontokan kotoran debu halus yang mungkin ada pada grid G2 atau grid G1, walau resiko tetap ada !

Setelah semuanya persiapan di rasa sudah cukup, tancap kembali soket RGB yang sudah terakit saklar on/off pada crt, cek ulang sekali lagi agar tidak ada yang terlewatkan dan tidak lupa pasangkan cermin di depan layar kemudian tarik nafas dalam-dalam. Tangan kiri standing di saklar tv sedangkan tangan kanan standing di saklar fokus.

Nyalakan tv, tunggu mesin star dengan sendirinya dan selang 2 detik kemudian aktifkan saklar fokus maka terlihat lah layar nyala samar atau buram namun perlahan raster bintik mulai tampak kasar, lalu segera matikan tv dan jangan biarkan terlalu lama grid G2 di aliri tegangan tinggi.

Dengan cepat pasang kembali kabel screen, fokus, kapasitor screen dan segera saja nyalakan lagi mesin tv, dapat dipastikan raster langsung muncul ! Pasang cuk antena untuk tes gambar.Itulah beberapa kasus kerusakan yang sering terjadi pada Televisi Merk LG ,untuk kasus kerusakan yang lain admin akan update pada artikel-artikel terbaru untuk waktu selanjutnya.

Apabila ada diantara teman-teman semua yang seprofesi silahkan posting komentarnya dibawah ini yang telah disediakan di kotak komentar seputar pertanyaan ,sharing pengalaman ataupun masukan-masukan demi kemajuan kita bersama.Terima Kasih.

43 comments for "Macam-macam Kerusakan TV LG"

  1. Pak Mansyur..
    Saya ada kendala yang mana kesulitan untuk mengatasi kerusakan tv LG turbo champ type RF-20CA21E,masalahnya yaitu tv pada monitor cuman ada nyala putih dan suara sedangkan gambarnya tidak muncul....pak mansyur mohon bantuannya untuk mengatasi masalah tersebut....trimakasih
    Salam.
    Mukhlis effendi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sudah lama ne tanyanya, saya pribadi mohon maaf pak karena baru sekarang lihat bagian komentar dan jarang sekali posting karena sibuk aktifitas,

      Delete
  2. saya ada kendala visual vidionya lambat
    gerakakannya pada TV LED 32LB550A

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya lambat gerakannya di visual videonya yang bagaimana mas brow ?apa yang dimaksud disini sulit untuk hidup waktu start ? mungkin gambarannya tegangan bias pada rangkaian vertikalnya tidak normal alias mumpet,coba cek aja bagian elko vertikalnya,kalau gak mau repot-repot total ja gantinya,intinya tidak normal bagian vertikalnya, kalau dari teman2 lain ada masukan silakan ditunggu komentarnya biar lengkap...

      Delete
  3. Pak mansyur mohon bantuan nya pak awal nya tv saya lg 21SA1RL mati jadi saat di hidupkan hanya ada garis putih horisontal kemudian mati lagi seperti di protect setelah di ganti ic vertikal, transistor horisontal dan capasitor 18n tv nya hidup namun tombol tv dan remote tidak fungsi. Mohon bantuan nya untuk mengatasi masalah ini terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pak imam lepas ic vertikalnya, setelah itu hidupkan tv apakah hidup normal tidak protect,tentu normalnya cuma garis datar horizontal karna tidak ada ic vertikalnya, kalo tetep hidup dengan kondisi garis datar di layar kemungkinan ic vertikalnya yang harus di ganti lagi,kemungkinan ic yang bapak beli awalnya dan tua kali pak,heeee oya kalo tetep bikin tv protect lagi kemungkinan kerusakan ada di gulungan defleksi vertikalnya atau bisa karena tegangan catu untuk vertikal over pak,

      Delete
  4. WTA, misi gan mau nanya nich TV ane LG 32LW4500 lagi di tonton mertua, trus tidak sengaja remotnya kedudukan trus TV jadi kaya hang hanya keluar logo LG dengan jam "timer" semua tombol jadi hang alias tdk bisa di gunakan. itu kira2 kenapa ya gan ?

    ReplyDelete
  5. Bisa jadi data eepromnya rusak gan,coba saja agan ganti ic memorynya biar gak repot2, dengan catatan ic memorynya telah di copy di toko elektroniknya.

    ReplyDelete
  6. Pak Mansyur....apa penyebab tv lg sy type 32ln5100 tiba2 layarnya gelap, tp suaranya normal.? Klu dibawa diservis resmi estimasi biaya brpa ya pak? Trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegangan untuk Heater tabung mungkin tidak ada mbak, kemungkinan yang jadi penyebab adalah di rangkaian horzontalnya atau bisa tabungnya yang sudah lemah alias dah tua, untuk perkiraan biaya kalo diservis itu tidak bisa saya tafsirkan karena menurut saya itu relatif, tergantung seberapa parahnya kerusakan, mending cek dulu pada teknisi elektronik lapangan yang terdekat aja sebelum ke deller resmi. trima kasih, mampir lagi lain kali ya?

      Delete
    2. Coba anda ambil hp yg punya blis/ lampu kamera coba nyalakan tvnya dan lampu hp lalu tempatkanlah hp ke layar tv anda lampu hp menghadap ke tv...

      Delete
  7. Sy ada LG scarlett 37"... Lampu on menyala tetapi gambar dan suara tiada...boleh saya tahu masalah tv ini...adakah masalah power supply tv....

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum pak Mansyur Salam kenal, sy punya masalah dg TV LG Turbo gambar ada tp suaranya serak serak trus lama2 hilang suaranya, kira2 apanya ya pak yg harus di ganti..mohon petunjuknya Terima Kasih..Wassalam..

    ReplyDelete
  9. Klau tv suaranya bagus tapi gambarnya samar2 solusinya penyebabnya apagan dan solusi nya gimana.

    ReplyDelete
  10. Low tv LG LEG Ada bunyi 3 nipah spa last api Jerusalem semua normal cuma ada nonstick putih aja ,,,

    ReplyDelete
  11. apakah tv LED yang dinyalakan 24 jam nonstop akan hang
    mohon infonya
    thanks

    ReplyDelete
  12. iya punya saya juga sama tv lg di bagian tengah layar ada 3 titik cahaya putih.
    suara sama gambar normal. cuman sedikit mengganggu dengan adanya 3 titik cahaya yg ada di tengah itu
    mohon infonya .!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mengalami hal tersebut ketika saya minta service dari lg, perbaikanya makan 4jt, apa ngga salah itu harganya lebih mahal dari barang asli

      Delete
    2. Jdi gimana mas solusinya mohon petunjuk dong

      Delete
    3. Jdi gimana mas solusinya mohon petunjuk dong

      Delete
    4. Jdi gimana mas solusinya mohon petunjuk dong

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. yg saya jg gitu,asalnya 3 titik putih,dibiarin malah jd nambah,tapi simetris..kenapa ya?mohon pencerahann

    ReplyDelete
  15. yg saya jg gitu,asalnya 3 titik putih,dibiarin malah jd nambah,tapi simetris..kenapa ya?mohon pencerahann

    ReplyDelete
  16. Tv saya LG 14" gambarnya hanya garis strip hijau d tengah agak k kanan(bukan garis horizontal full layar).penyakitnya d mana ya bos..

    ReplyDelete
  17. TV LCD LG saya ada kerusakan layar tidak ada gambar namunada suara, dan setelah di perbaiki gamabr sudah menyala, namun terdapat titik puti terang pada layar, mohon penjelasannya. Terima Kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  18. TV LCD LG saya timbul cahaya titik putih...mohon pencerahanya...makasih

    ReplyDelete
  19. Tv LG saya juga sama ada tiga titik di tengah tengah kenapa yah itu?

    ReplyDelete
  20. Wah lg parah ya ternyata. Lg 32" saya semula 3 titik terang putih sekarang sudah 12 Titik.Padahan belum 2thn.
    Adakah disini yg pernah dapet solusinya?

    ReplyDelete
  21. Tv saya lg di layarnya ada titik titik cahaya putih. Itu gimana?

    ReplyDelete
  22. Tv LG sy juga ada titik cahaya putih semula 3 skg menjadi 7....klo servis ke LG 4jt...parah amat...

    ReplyDelete
  23. Itu gmn ko ga ada penjelasan masalah titik putih di layar

    ReplyDelete
  24. punyaku juga terdapat titik putih seperti di soroti oleh senter putih.kira-kira temen-temen ada artikel lainnya tidak yah untuk permasalahan ini.atau info kenapa dan berapa biayanya untuk ke tempat service nya.TV ane led LG 32lb550a . Terima Kasih

    ReplyDelete
  25. Sama saya juga mengalami kendala itu yg ada cahaya..putih...tapi saya baru satu titik yg muncul...mohon penjelasanya..padahal tivi baru 2thn.makasih

    ReplyDelete
  26. Itu kerusakan pada lampu backlihgtnya..jadi tutup lampunya lepas jadi terang sekali solusinya di bongkar lalu di lem lagi penutup lampu backligtnya lagi..ok

    ReplyDelete
  27. Pak maohon bantuan ya tv lg layar ya bergoyang ,crt buyi cert cert,tgangan normal, sudh saya oprek semuaya blm ketemu

    ReplyDelete
  28. Gan mau tanya nih tv ane lg 42le550
    Kondisi usb bisa dipakai utk dengar mp3, vidio juga bisa.
    Namun utk input av, hdmi dan tv tidak bisa... kira kira apa yah kerusaknnya... terimakasih atas bantuannya. Thx

    ReplyDelete
  29. Di layar tv saya terdapat warna putih pada sisi kiri dan kanan bawah. Itu kerusakannya apa dan disebabkan oleh apa min. Tolong penjelasannya

    ReplyDelete
  30. Replies
    1. terima kasih kembali gan. semoga bermanfaat bagi kita semua. salam ...

      Delete