Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TV Sharp Alexander Slim 21" Suara Hilang

Menulis sebuah artikel tentang pengalaman pribadi memang menyenangkan hanya bertujuan untuk sekedar saling sharing dan itu membuat rasa kepuasan tersendiri bagi admin. Selain itu mungkin bisa bermanfaat bagi teman-teman teknisi elektronika yang lain terutama bagi pemula.

Kerusakan TV Sharp Alexander Slim 21" Suara Hilang

Oke langsung saja pada pokok pembahasan kali ini ya Sob ?

Awal cerita, TV sharp alexander 21" model 21AXS2000 ini datang ke tempat kami dengan keluhan gambarnya masih normal namun suaranya saja yang hilang. Saat kami tanya pada yang punya tv sharp ini rusak mungkin karena sebelumnya ada tegangan turun dari PLN.

Kerusakan TV Sharp Alexander Slim
Kerusakan TV Sharp Alexander Slim 21" Suara Hilang

Menurut Kata si Tuan Rumah Pemilik Televisi pada saat TV Sharp ini dinyalakan tiba tiba saja gambar langsung mati tapi lampu indikator masih nyala. Saat coba dinyalakan kembali suaranya sudah tidak mau keluar/bisu.

Baca juga: Kerusakan Tv Sharp Terlengkap

Disitu kami beranggapan bahwa kerusakan yang diakibatkan karena adanya tegangan PLN turun atau naik akan mengakibatkan error/data korup. Tapi setelah kami periksa dan ternyata kerusakannya hanya sepele. Meski begitu kami akan coba jelaskan langkah langkah perbaikannya agar jika anda menemukan kerusakan seperti ini, bisa membantu anda untuk menyelesaikannya.

Langkah yang kami lakukan pertama kali adalah melihat secara fisik komponen pada blok power audionya. Power audio TV Sharp ini memakai IC LA42102, saat kami periksa terlihat masih normal karena masih ada ada hangat pada heatsink saat tv coba dinyalakan.

Kemungkinan IC LA42102 ini masih bagus. Iseng cek speaker kanan kiri juga masih bagus. Kemudian cek tegangan masih ada sekitar 14 volt. Tapi kok speaker tidak ada suara jedug saat tv dinyalakan ya...? tanya dalam hati.Mungkin audionya tiba tiba Mute kali ya...? Lalu coba lepas jalur mute yaitu pin 6 ic LA42102, ternyata masih sama saja, suara masih bisu.


Karena pemeriksaan tadi masih tidak membuahkan hasil, kami coba masuk sermod. Kami samakan data factory yang ada disana dengan mencari di internet ternyata tidak ada yang beda. Menandakan pada menu factory masih aman dan tidak ada error. Setahu kami jika ada yang error maka bisa saja datanya ada yang berubah.

Perburuan berlanjut pada blok audio nya lagi. Coba cek jalur input dari ic chroma dengan menggunakan amplifier portable. Hasilnya suara bisa keluar ke amplifier portable tadi. Hmmm...! Tegangan normal, audio input ada, sermod tidak error dan speaker juga masih bagus. Akhirnya kami coba ganti IC LA42102, karena stok tidak ada terpaksa meluncur ke toko elektronik.

Setelah dapat langsung kami pasang. Coba hidupkan tv dan colokkan antena gambarpun muncul dan suara keluar dengan sangat keras. Waduh... ternyata tadi lupa mengecilkan volumenya hehehe... Bayangkan tv dengan speaker cukup besar dan subwofer seperti tv sharp nyala di volume 45, cukup membuat kaget bukan...?

Kesimpulan Kerusakan Tv Sharp di atas :

Dari pengalaman ini, bisa di simpulkan bahwa meski komponen terutama IC sepertinya masih bisa bekerja dengan baik belum tentu komponen tersebut tidak rusak. Karena IC susah di tes bahkan mungkin tidak bisa.

Kerusakan TV Sharp Alexander Slim
Kerusakan TV Sharp Alexander Slim 21" Suara Hilang

Kedua carilah dan ganti komponen utama yang paling umum dan yang biasanya menjadi biang kerok penyebab kerusakan TV. Karena dengan komponen/part utama yang baru di ganti, otomatis kita memperpendek waktu perbaikan. Jika belum membuahkan hasil, tinggal mencari komponen pendukung lain yang rusak.

Sekian dan Sudah ya... mungkin itu sedikit tips dari Mansyur 81 tentang Langkah memperbaiki TV Sharp Alexander Slim 21" Suara Hilang. Semoga bermanfaat.

Oke Jangan lupa tulis komentar yang bagus dan share artikel ini ya sobat ...!!!

Post a Comment for "TV Sharp Alexander Slim 21" Suara Hilang"