Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TV Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati

Tadi malam Sobat Admin ada servisan TV Polytron Slim 21" Cristaline dengan kerusakan Nyala Sebentar Lalu Mati lagi alias standby. Saat Sobat Admin coba nyalakan tv ini memang benar bisa nyala sempurna namun hanya dalam hitungan detik.

TV Polytron Slim Nyala Sebentar
TV Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati Lagi

Intinya, Lebih tepatnya saat tv di start logo polytron baru muncul langsung mati lagi/standby, begitu seterusnya. Jika di amati saat tv nyala tadi tidak ada tanda tanda gambar cacat misal gambar menciut, garis garis atau lainnya.

Kalau dilihat sekilas kebersihan yang tampak mengkilat di mainbord mesin tv sangat bagus, Bahkan jika diamati fisik komponen juga tidak ada yang mencurigakan dan semua komponen terlihat masih bagus. Solderan komponen juga tidak luput dari pemeriksaan Sobat Admin, disini memang ada di beberapa bagian yang solderannya agak kendor atau retak jika diteliti sampai sedekat mungkin hingga membuat mata sampai juling-juling.

Mungkin Karena gejala kerusakan seperti ini masih baru buat Sobat Admin, langsung browsing lewat hape jadul kesayangan Sobat Admin. Ternyata gejala kerusakan semacam ini sudah umum terjadi pada tv polytron slim, nyala sebentar lalu mati. Wah wah wah...! rupanya Sobat Admin sudah ketinggalan jauh hehehe ...

TV Polytron Slim 21" Nyala Sebentar
TV Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati Lagi

Di internet Sobat Admin baca baca tutorial/topik semacam ini, ternyata yang Sobat Admin dapat malah tambah puyeng dan cenut-cenut. Gimana nggak puyeng sob, banyak gejala kerusakan yang mungkin sama dengan yang Sobat Admin temukan, tapi penanganannya pun berbeda beda. Hampir semua tutorial yang Sobat Admin baca sudah Sobat Admin praktekkan, hasilnya wow... sama saja hehehe...

Karena Sobat Admin capek berselancar di internet mencari solusi bagaimana mengatasi kerusakan tv Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati ini. Hingga akhirnya Sobat Admin memutuskan untuk menggunakan insting berburu Sobat Admin sendiri dan pengecekan lebih jauh pun Sobat Admin mulai, Nah itulah memang sobat yang paling penting yaitu andalan kita adalah insting dan pola pikir kita lah yang harus diutamakan, oke lanjuut.......

Pertama yang Sobat Admin lakukan cek lagi tegangan out regulator B+ 115 v dan lainnya saat start sesaat ternyata masih normal normal saja. Kemudian Sobat Admin cek tegangan out dari kaki flyback video 185 v, 12+ v dan 12- saat start juga masih normal.

Waduh... ini yang rusak apanya sih...? tanya dalam hati. Tapi Sobat Admin nggak mau nyerah sampai disini saja, karena Sobat Admin yakin nanti juga bakal ketemu si biang kerok.

Sobat Admin teringat sistem protek pada tv polytron slim atau model lain kebanyakan terdapat pada blok vertikal. Meski pada blok lain misal horizontal, tuner dan power ampifier juga terpasang. Perburuan pun berlanjut pada bagian vertikal, babat satu persatu komponen pada blok vertikal.

Singkat cerita di tengah pemeriksaan Sobat Admin menemukan 2 elko yang kering yaitu c 402 dan c411 nilainya sama 50v/1uf. elko ini letaknya dekat dengan ic vertikal dan terpasang berdekatan pula. Kemudian Sobat Admin ganti elko ini dua duanya dan coba nyalakan tv polytron ini.

Harap harap cemas, Jbreeet... tv start, logo polytron nongol... lhaaa... ternyata udah nggak mati lagi. Alhamdulillah akhirnya bisa gajian juga sob.

Langkah selanjutnya mencoba menyalakan tv beberapa kali dan sampai beberapa waktu gejala Nyala Sebentar Lalu Mati ini tidak kambuh lagi, Sobat Admin pasang tutup belakangnya dan nunggu pemiliknya ngambil tv polytron ini. Emang... sob hasil tidak membohongi usaha hehehe...

Dapat disimpulkan kemungkinan elko ini bisa kering karena letaknya yang sangat dekat dengan heatsink ic vertikal. Seperti yang kita tahu bahwa blok vertikal pada tv polytron slim ini memang sangat panas. Ya... wajar saja komponen didekatnya bisa rusak.

"Terkadang kita dihadapkan pada suatu kondisi bahwa komponen yang terlihat bagus secara fisik tetapi pada kenyataannya belum tentu kinerja nya juga masih bagus dan baik"
Oke Sekian dulu tips dari Mansyur 81 Blogspot com tentang Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati.

Semoga pengalaman Sobat Admin ini bisa berguna buat teman teman semua.
Jangan lupa tulis komentar ya sob seputar kritik dan sarannya ... Terima kasih !!!

Post a Comment for "TV Polytron Slim 21" Cristaline Nyala Sebentar Lalu Mati"