Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jasa Pengiriman Barang

Kalau pada jaman dahulu jasa pengiriman hanya melalui PT. Pos yang biasa disebut sebagai paket pos, saat ini sudah marak aneka jasa paket. Mulai dari jasa paket yang dikelola secara langsung oleh jasa paket spesifik seperti PT. Pos, TIKI, ataupun jasa-jasa khusus sejenis lainnya sampai dengan jasa travel atau biro perjalanan yang selanjutnya juga mengembangkan system pengiriman barang.

Saat ini barang dapat dititipkan atau dilewatkan melalui aneka jenis biro perjalanan. Antara lain, biro perjalanan kereta api, pesawat, bus dan bahkan juga travel pribadi seperti mobil rental.

Mereka semua saat ini menawarkan ke konsumen untuk dapat menjalankan pengiriman barang dengan cara cepat dan mudah.

Jenis Jasa Pengiriman Barang

Di era tekhnologi informasi ini, segala bentuk transaksi sudah dapat dilakukan secara online atau melalui dunia maya. Bahkan toko-toko online sudah merebak di mana-mana.

Namun, jika kartu lebaran sudah tidak perlu lagi melalui jasa pengiriman karena bisa satu kali klik sudah sampai ke alamat email tujuan, berbeda dengan pengiriman barang tetaplah membutuhkan jasa pengiriman. Tentu saja dibutuhkan jasa yang dapat menyampaikan barang dari produsen ke tempat pembeli. Untuk itu perlu diketahui macam-macam jasa pengiriman barang ataupun uang yang dapat dipergunakan.

Meskipun sudah sangat marak jasa pengiriman barang, namun sebagai konsumen sangat perlu untuk memilih jasa paket yang berkualitas dan dapat dipercaya. Sebagai pengirim tentu tidak menginginkan barang sampai ke tujuan dalam kondisi kurang prima, karena hal tersebut merupakan kepercayaan pelanggan terutama bagi para pelaku bisnis online.

Sebagai contoh bila barang yang pecah atau rusak di perjalanan, bagi konsumen pada umumnya akan melakukan complain secara langsung kepada pihak pengirim dan bukan kepada jasa pengirim barang. Untuk itu sebagai pengirim harus cukup jeli di dalam memilih jasa paket yang akan digunakan.

Adapun macam-macam jasa pengiriman yang saat ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk digunakan adalah PT. TIKI online, PT. POS Indonesia, JNE Express, ESL Ekspress, di area Jawa Tengah khususnya jalur Yogyakarta, Semarang, Solo, sudah dikembangkan jasa kirim Joglosemar, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja mempunyai range harga berbeda pula sesuai dengan kecepatan dan ketepatan kirim.

14 Jasa Pengiriman Barang Terbaik di Indonesia

Maka, di era saat ini Anda sudah bisa memilih dengan cerdas jasa pengiriman apa yang akan Anda gunakan. Gunakan yang paling sesuai dengan kebutuhan, harga, dan tentu saja kenyamanan.

Macam-macam Jenis Jasa Pengiriman Barang Di Indonesia :

1. DHL Express

Jenis Jasa Pengiriman Barang

DHL adalah pemimpin pasar di industri logistik dan merupakan The Logistics company for the world. DHL melakukan keahliannya dalam memberikan layanan Express internasional, kargo udara dan laut, transportasi jalan dan kereta api, kontrak logistik dan layanan surat internasional kepada para pelanggannya.

Sebuah jaringan global yang terdiri dari lebih dari 220 negara dan teritori serta mendekati 275.000 karyawan di seluruh dunia menawarkan kualitas layanan yang unggul dan pengetahuan lokal untuk memenuhi persyaratan rantai suplai mereka.

DHL menerima tanggung jawab sosialnya dengan mendukung perlindungan iklim, pengelolaan bencana dan pendidikan. DHL adalah sebuah merek dari Deutsche Post DHL. Sebuah grup yang menghasilkan keuntungan lebih dari 53 miliar Euro di tahun 2011.

2. JNE

Jenis Jasa Pengiriman Barang

JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan menjadi salah satu perusahaan kurir terbesar di Indonesia.

Perusahaan jasa pengiriman yang telah meraih ISO 9001 sejak tahun 2004 ini telah memiliki sekitar 835 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan kantor pusat yang bertempat di Jakarta, JNE menyediakan pelayanan di bidang kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen dalam, dari dan ke luar Indonesia. PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) yang bergerak dalam bidang jasa kurir internasional.

Dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantaranya dari luar negeri ke Indonesia.

Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.

Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.

3. TIKI

Jenis Jasa Pengiriman Barang

TIKI sebagai salah satu pionir jasa kirim di Indonesia telah terpecaya melayani melakukan pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia. PT. Citra Van Titipan Kilat yang mengawali bisnis pengiriman di Jakarta sejak tahun 70-an ini kini memiliki 500 kantor perwakilan TIKI yang tersebar di pelosok nusantara.

Perusahaan jasa pengiriman yang memiliki nama lengkap PT. Citra Van Titipan kilat (TIKI) ini mengawali bisnisnya tahun 1970 di Jakarta. Perusahaan ini didirikan tepat pada tanggal 1 September 1970 oleh Soeprapto dan Ny. Nuraini Soeprapto yang juga berperan sebagai pemegang saham. Pada tahun 1972 TiKi melakukan perombakan manajemen dan memasukan Alm. Irawan Saputra, Gideon Wiraseputra, dan Raphael Rusmandi yang awalnya melakukan kerja sama menjadi pemegang saham. TiKi pun semakin maju.

Kini, TiKi telah memiliki 800 titik pelayanan yang mampu menjangkau pelosok di dalam dan luar negeri. TiKi pun kemudian berkembang menjadi TiKi Group yang terdiri dari beberapa anak perusahaan, yaitu:

  • TKS (Titipan Kilat Soeprapto), bergerak di bidang kargo
  • TIKITA (TIKI Wisata), bergerak di bidang travel dan wisata
  • TIKINDO (TIKI Logistik), bergerak di bidang layanan logistik

4. PT. Pos Indonesia (Persero)

PT. Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang. PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu perusahaan milik negara yang memiliki tugas untuk melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program pemerintah dalam bidang ekonomi dan pembangunan pada umumnya serta memberikan pelayanan jasa perposan bagi masyarakat di Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia pada khususnya.

jasa pengiriman barang indonesia
PT. Pos Indonesia (Jawa Tengah) memiliki tiga kantor utama yang memiliki fungsi berlainan. Pertama, Kantor Pos Besar Semarang terletak di jalan Pemuda, merupakan kantor yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Kedua, Kantor Wilayah Pos yang terletak di jalan Sisingamangaraja, berfungsi sebagai pusat kegiatan manajerial untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY. Ketiga, Mail Processing Centre atau Sentral Pengolahan Pos merupakan kantor yang berfungsi sebagai tempat pengolahan semua kegiatan transaksi pengiriman yang dilakukan PT.

Selain itu, pengukuran kinerja dilakukan dengan Objective Matrix (OMAX) untuk mengetahui nilai pencapaian terhadap target yang telah ditetapkan untuk setiap indikator kinerja. Perancangan pengukuran kinerja karyawan dengan kerangka Human Resource Scorecard menghasilkan 18 Key Performance Indicators (KPI) yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja karyawan Mail Processing Center Semarang, dengan rincian 9 KPI untuk High Performanceer Work System, 4 KPI untuk HR System Alignment, dan 5 KPI untuk HR Eficiency.

Dari hasil pengolahan data dan pengukuran kinerja diketahui bahwa indeks kinerja karyawan Mail Processing Center Semarang berwarna kuning (kategori “sedang”) dengan nilai 6.392 (skala 10). Perusahaan harus dapat mempertahankan dan meningkatkan performansi karyawannya, sehingga dalam beberapa kurun waktu ke depan kinerja karyawan dapat masuk ke dalam kategori “baik” dan target yang telah ditetapkan oleh perusahaan dapat tercapai.

5. J&T

Jenis Jasa Pengiriman Barang

J&T atau J&T Express ini merupakan jasa pengiriman yang diawal kehadirannya banyak mendapat respon positif dari para pelaku bisnis online dalam mempercayakan pengiriman barangnya.

Dengan slogannya “Gratis Jemput Di Tempat” ini memang sangat menguntungkan penjual online yang akan mengirimkan barang tanpa harus mendatangi agen pengiriman. Dengan cukup mengontak pihak agen J&T terdekat, maka dengan segera barang dijemput dan dikirimkan.

Mengenai pengiriman barang, ada yang unik, tidak ada kategori pengiriman cepat atau kilat namun hanya tipe reguler saja atau disebut paket EZ pada J&T. Siapa sangka pengiriman barang ternyata menyamai bahkan melebihi paket kilat yang biasa diberlakukan pada jasa pengiriman lainnya. Bahkan di hari minggu, yang kebanyakan paket pending karena hari libur, J&T tetap melakukan pengiriman.

Berdasarkan pengalaman dalam mengirimkan barang produk sweater Gomuda.co ke pembeli ternyata kirim sore hari besok siang sudah sampai ditangan pembeli dengan harga yang relatif sama dengan jasa pengiriman lainnya.

Kelebihan penting lainnya dari J&T adalah paket pengiriman yang realtime dengan mengunduh aplikasinya di playstore, kita bisa mengecek harga serta melacak pengiriman dengan mudah.

6. SiCepat

Jenis Jasa Pengiriman Barang

SiCepat termasuk salah satu dari yang diminati selain J&T maupun JNE, namun kehadirannya memberikan pilihan yang menarik. SiCepat termasuk yang memiliki pertumbuhan pelanggan terbanyak selain JNE dan J&T.

SiCepat merupakan perusahaan ekspedisi yang hadr sejak tahun 2004 yang meliputi transportasi udara dan darat. Dengan motto ‘Your Delivery is Our Priority‘, SiCepat berkomitmen menjadi partner terpercaya khususnya bagi bisnis online dan e-commerce di seluruh Indonesia.

Pelanggannya bisa dibilang para pengusaha online yang memanfaatkan jasa SiCepat untuk mengantarkan barang ke alamat pembeli dengan harapan lebih cepat. SiCepat pun mengklaim, bahwa untuk jarak dalam kota yang sama hingga jabodetabek bisa diantarkan kurang dari 15 jam.

7. Ninja Express

Jenis Jasa Pengiriman Barang

NinjaXpress yang merupakan layanan logistik asal Singapura ini, turut hadir di Indonesia sebagai program perluasan pasar yang sebelumnya hadir di berbagai negara termasuk Asia, Afrika, Amerika, Timur Tengah dan Turki.

NinjaXpress mengklaim bahwa saat ini mereka mendukung hingga 3.000 klien dan mampu mengirimkan 15.000 paket setiap harinya. Berdasarkan pengalan pribadi menggunakan jasa pengiriman NinjaXpress saat berbelanja di dekoruma.com, adalah cara pengiriman barangnya yang unik dan segar.

Meskipun terbilang bukan pengiriman yang cepat diluar Jakarta, yaitu waktu standar sekitar 4 – 7 hari kerja, pengiriman biasa tepat di hari ke-4 dengan pengantar atau disebut Ninja yang kemudian menyodorkan sebuah ponsel pintar untuk kita tanda tangani dan segera akan muncul laporan penerimaan barangnya melalui email penerima.

Sesuai dengan slogannya “Layanan Pengiriman Paket yang Mutakhir”, NinjaXpress memanfaatkan kecanggihan teknologi yang membuat kita merasa spesial dengan menandatangai penerimaan barang melalui smartphone dan laporan secara online melalui email. Sesuai dengan karakteristik customer saat ini yang sangat antusias dengan teknologi, termasuk dalam jasa pengiriman barang.

NinjaXpress atau disebut juga Ninja Van saat ini sudah bekerja sama dengan beberapa marketplace kenamaan seperti Tokopedia, Dekoruma.com. Saat ini aplikasi NinjaXpress baru tersedia untuk Ninja Driver alias kurir NinjaXpress.

8. First Logistics

Jenis Jasa Pengiriman Barang

Berkontor pusat di Tangerang, PT Synergy First Logistik merupakan mitra resmi dari beberapa toko online terkemuka seperti Lazada, Zalora, Tokopedia, Blanja.com, Elevenia, Bilna, dan Blibli.com. 

Didirikan pada tahun 2007, perusahaan kurir lokal ini melayani paket pengiriman sampai di hari yang sama (same day services), sampai di hari kerja berikutnya (one night services), dan sampai antara 2-3 hari berikutnya (regular services).

9. Wahana Logistik

Jenis Jasa Pengiriman Barang

Memiliki nama lengkap PT. Wahana Prestasi Logistik atau lebih dikenal dengan nama Wahana Courier & Air Cargo Specialist merupakan perusahaan jasa pengiriman yang berdiri sejak bulan Juni 1998 dengan 5 orang pegawai dan hanya melayani jasa pengiriman dokumen dalam kota Jakarta.

Sejak tahun 2002, perusahaan ini mulai mengembangkan jasa pengirimannya, tidak hanya melayani pengiriman dokumen tetapi juga mulai melayani pengiriman paket/barang besar maupun kecil untuk tujuan kota-kota besar di seluruh Indonesia. Pada Juli 2005 pelayanan pengirimannya ditingkatkan dengan melayani pengiriman ekspor lewat udara dan membuka kantor cabang di Singapura. Kini Wahana Logistik telah memiliki 44 kantor cabang utama yang tersebar diseluruh Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

10. Indah Logistik

Jenis Jasa Pengiriman Barang

Didirikan oleh Arizal Aziz pada awal tahun 2000 dengan nama CV Indah Travel yang berkembang pesat di daerah Sumatera. Karena titipan barang semangkin banyak, perusahaan ini mendapat teguran dari Dinas Perhubungan setempat karena membawa barang melebihi kapasitas dan disarankan agar membuka perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan izin khusus untuk Jasa titipan barang. Dan pada tahun 2007 PT. Indah Cargo pun lalu didirikan.

Akibat terjadi ketidakcocokan antara komisaris dan pediri perusahaan, terjadilah perpisahan dan pembagian asset perusahaan. PT Indah Cargo dihentikan kegiatannya dan diganti dengan didirikannya PT Indah Logistik pada tanggal 23 Desember 2011 yang juga bergerak di bidang jasa titipan.

11. Pandu Logistik

Jenis Jasa Pengiriman Barang

Perusahaan dengan nama lengkap PT Pandu Siwi Sentosa (PSS) ini didirikan pada tanggal 20 Agustus 1992 oleh DR HM Bhakty Kasry. Berawal dari sebuah ruko kecil di kawasan Jakarta Utara, perusahaan ini berhasil menunjukan eksistensinya di bidang jasa pengiriman ekspres domestik.

Awal tahun 2000, Pandu Siwi Group didirikan dengan brand markingnya bernama Pandu Logistik, yang merupakan sinergi dari tiga pilar kekuatan utama yaitu PT Pandu Siwi Sentosa, PT Indah Jaya Express dan PT Pandu Bella Transindo. Pandu Logistik kini telah memiliki cabang yang berjumlah 150 cabang dan karyawan lebih dari 2000 orang yang tersebar di Indonesia serta jaringan team work yang tersebar di sebagian besar negara di dunia.

12. RPX

Jenis Jasa Pengiriman Barang

PT. Republic Express yang disingkat menjadi RPX, merupakan perusahaan dalam bidang logistik yang didirikan oleh Harsha E Joesoef pada tahun 1985. Awalnya perusahaan ini didirikan dengan nama PT Repex Perdana yang menjadi mitra perusahaan logistik internasional asal Amerika Serikat FedEx. Sejak menjadi pemegang lisensi FedEx satu-satunya untuk Indonesia, RPX terus melakukan pengembangan bisnis.

Berawal dari garasi rumah di kawasan Jakarta Selatan, perusahaan ini kini menjelma menjadi RPX Group yang memiliki tujuh unit usaha sesuai dengan bidang yang semakin spesifik, yaitu:

  • PT Repex Perdana Internasional sebagai pemegang lisensi FedEx di Indonesia yang melayani jasa logistik internasional.
  • PT Antareja Prima Antara atau RPX Domestic Express yang menawarkan jasa distribusi ekspres domestik untuk seluruh kota di Indonesia.
  • PT Republic Express atau RPX Airlines yang memberikan layanan pesawat kargo domestik berjadwal.
  • PT Wahana Dirgantara atau RPX Warehouse untuk jasa pergudangan.
  • PT Sena Satwika atau RPX Clearance yang bergerak di bidang pelayanan administrasi ekspor-impor.
  • PT Senatrans Utama atau RPX Air Fortwarding untuk layanan pengiriman international freight ke Jepang bekerja sama dengan Sumitomo.
  • PT Pelangi Semesta atau RPX Sea Forwarding & Moving yang menawarkan pengiriman kargo internasional lewat angkutan udara maupun laut serta jasa pengepakan. Usaha ini bekerja sama dengan Eagle Global Logistic.

13. Cahaya Logistik

Jenis Jasa Pengiriman Barang

Berlokasi di Jakarta Selatan, PT. Cahaya Logistik adalah perusahaan yang bergerak di dalam bidang distribusi pengiriman barang yang didirikan pada tahun 2008. Perusahaan yang juga membuka sistem agen atau waralaba ini menawarkan jasa pengiriman dokumen & paket keseluruh wilayah Indonesia dengan biaya yang sangat murah dan tepat waktu.

Cahaya Logistik memiliki tiga layanan, yaitu Dokumen & Paket, Logistic, serta Warehousing.

14. GO-SEND dari GO-JEK

Jenis Jasa Pengiriman Barang

GO-KILAT yang kini berganti nama GO-SEND, merupakan layanan baru dari GO-JEK bekerjasama dengan beberapa toko online yang memberlakukan tarif promo jauh dekat 15 ribu untuk wilayah Jakarta, dengan syarat jaraknya tidak boleh lebih dari 25 km dari toko yang menjual barang.

GO-SEND juga berlaku hanya untuk order yang masuk pukul 07.00 – 15.00 WIB (Senin – Jumat) dan ditiadakan pada hari libur nasional serta kondisi bencana alam (banjir, gempa dll).

Sebelum adanya layanan GO-KILAT, perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim dan diluncurkan pada tahun 2010 ini telah memiliki layanan lain selain jasa pengantaran penumpang oleh ojek, seperti GO-FOOD, GO-BOX, GO-CLEAN, GO-MASSAGE, GO-RIDE, GO-CAR, dan sebagainya. Pada Intinya menggunakan GO-SEND, barang akan sampai dikirim dihari yang sama namun masih terbatas untuk jarak dekat atau dalam kota yang sama.

Itulah Uraian tentang jenis jenis jasa pengiriman barang yang sudah umum atau bisa disebut popular saat ini.

Jenis jasa pengiriman diatas hanya sebagian contoh sedikit yang ngetop,dan masih banyak lagi jasa pengiriman barang yang akhir-akhir ini bermunculan seiring berkembangnya pengguna internet yang mendukung kegiatan online shop yang makin menjamur.

3 comments for "Jenis Jasa Pengiriman Barang"

  1. menarik infonya min.... btw, biaya pengirimannya agak mahal ya? Apa tergantung barang yang mau kita kirim?

    ReplyDelete
  2. kami usaha jasa pengiriman yg baru ber operasi di wilayah kami walau cakupan wilayah masih skala kecil kami berharap bisa terus berkembang dan bisa bekerja sama dengan usaha jasa pengiriman barang lainya.
    PERKENALKAN KAMI DARI J&W EKSPRES WILAYAH TANUNG PALAS UTARA,TANJUNG PALAS TENGAN,TANJUNG PALAS,DAN TANJUNG SELOR kabupatgen Bulungan Provinsi Kalimantan utara SIAP BEKERJA SAMA dengan usaha pengiriman barang yg terlebih dahulu berjalan.
    silahkan hub.email rahmad.gokil@yahoo.co.id WA.082253667534
    terimakasih.

    ReplyDelete