Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Cara Membuat Website Sendiri

Belajar Cara Membuat Website Sendiri Dengan 3 Langkah Mudah

Tutorial gratis belajar cara membuat website sendiri dengan panduan tiga langkah mudah. Sebelum membuat sebuah website, fahami dulu arti dari website itu sendiri. Website adalah kumpulan halaman website yang sudah saling terhubung di dalam sebuah server website sehingga halaman website tersebut dapat diakses melalui browser dengan cara mengakses nama domainnya.

Dari pengertian website yang telah dijelaskan di atas, kita menemukan tiga istilah yaitu halaman website, server website, dan nama domain. Ketiga istilah inilah yang harus dipersiapkan bila ingin memiliki sebuah website sendiri. Ok, kita akan coba memahami ketiga istilah ini secara pelan-pelan.

Halaman Website

Halaman website adalah terjemahan dari sebuah kode sumber (source code) yang berada di balik browser. Kode sumber berasal dari dokumen HTML yang terdapat pada file website yang sedang kita akses.

Untuk melihat kode sumber dari halaman website yang sedang anda baca sekarang ini, silahkan klik kanan, lalu pilih lihat kode sumber laman, itulah dokumen HTML yang dikirim dari server website ke browser ketika anda mengakses halaman website ini.

Dari penjelasan halaman website yang telah dijelaskan di atas, kita menarik kesimpulan bahwa hal pertama yang harus dilakukan apabila ingin memiliki sebuah website sendiri adalah belajar membuat dokumen HTML. Apabila anda ingin belajar membuat dokumen HTML secara online (langsung praktek) di dalam website ini, silahkan menuju ke menu Belajar Online!

Untuk belajar membuat dokumen HTML secara manual, buka web editor anda misalnya Notepad, langkah selanjutnya adalah salin dokumen HTML berikut ini ke dalam notepad!

<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
<title>membuat website</title>
</head>
<body>
<p>
Panduan gratis belajar langkah-langkah cara membuat website.
Contoh langkah-langkah cara membuat website.
Belajar cara membuat website bagi seorang pemula.
5 langkah mudah panduan cara membuat website.
Cara gratis belajar untuk pemula bagaimana membuat website.
Ini adalah contoh paragraf di dalam postingan blog atau website.
</p>
</body>
</html>

Selanjutnya yaitu menyimpan dokumen HTML tersebut menjadi file website dengan nama index.html ke dalam folder yang mudah anda ingat, ini akan diperlukan nanti.

Server Website

Server website adalah tempat penyimpanan file website agar file website tersebut dapat diakses melalui browser dengan cara mengakses nama domain yang dimilikinya.

Server website yang digunakan oleh website yang sudah online disebut sebagai server website hosting.

Untuk mendapatkan layanan server website hosting, kita perlu menyewa dari penyedia layanan server website hosting. Untuk pemula yang masih dalam tahap proses belajar, tidak perlu menyewa server website hosting, anda hanya membutuhkan XAMPP.

Silahkan di https://web.archive.org untuk mendownload XAMPP, pilih versi terbaru yang sesuai dengan OS komputer anda!

Setelah selesai, silahkan anda install dengan menggunakan akun administrator! Setelah terinstall, buka xampp-control.exe yang terdapat pada direktori xampp untuk menyalakan server websitenya, lihat gambar di bawah ini!

Langkah selanjutnya, klik tombol Start untuk menyalakan Apache! Bila berhasil, maka akan tampak seperti gambar berikut.

Langkah selanjutnya adalah, silahkan masuk ke dalam direktori htdocs yang terdapat pada xampp, di sinilah kita menyimpan file website yang memungkinkan file website tersebut dapat diakses melalui browser.

Agar file website yang kita buat sendiri tidak tercampur dengan file server, buatlah sebuah direktori khusus dengan nama latihan misalnya, pastikan seperti gambar di bawah ini!

Langkah selanjutnya adalah, silahkan buat lagi direktori dengan nama html di dalam direktori latihan yang sudah dibuat sebelumnya, pastikan seperti gambar di bawah ini!

Langkah selanjutnya adalah, silahkan pindahkan file index.html ke dalam direktori html yang sudah anda buat sebelumnya, pastikan seperti gambar di bawah ini

Selamat, anda telah berhasil menyimpan sebuah file website ke dalam server website lokal XAMPP, dimana file website tersebut nantinya dapat anda akses melalui browser pada komputer anda sendiri tanpa harus terhubung ke internet.

NAMA DOMAIN

Seperti halnya dengan server website hosting, nama domain ini juga harus disewa dari penyedia layanan nama domain.

Untuk pemula yang masih dalam tahap proses belajar, anda tidak membutuhkan ini untuk sementara. Bila anda telah menginstall server website lokal XAMPP pada komputer anda, maka secara otomatis anda telah mendapatkan nama domain khusus yaitu localhost yang merupakan terjemahan dari alamat IP 127.0.0.1

localhost atau 127.0.0.1 hanya digunakan pada komputer lokal, artinya, nama domain ini tidak dapat digunakan pada komputer lain untuk mengakses file website yang tersimpan di dalam komputer anda.

Bila ingin mengakses file website (index.html) yang sebelumnya sudah tersimpan di dalam folder htdocs, silahkan akses http://localhost/latihan/html/ atau http://127.0.0.1/latihan/html/ pada browser anda!

1 comment for "Belajar Cara Membuat Website Sendiri"