Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Belajar Memasak Nasi Goreng

Cara Memasak Nasi Goreng

Nasi Goreng merupakan masakan ciri khas masyarakat indonesia.Bagi pemula yang ingin belajar memasak cara membuat nasi goreng spesial yang mudah dan lezat berikut ini admin persembahkan Tutorial lengkap cara buat nasi goreng langkah demi langkahnya.

Sebelumnya saya ulaskan sedikit bahwa Resep Nasi Goreng Sederhana ini juga enak tidak kalah dengan yang spesial dan akan menjadi nasi goreng spesial apabila perut sudah keroncongan minta diisi.

Mau keluar cari penjual yang biasa nongkrong sudah tutup, alhasil bila masih ada nasi yang tersisa dan layak buat dijadikan menu dadakan yuk kita buat nasi goreng sendiri.

Marilah kita lebih baik luangkan waktu sebentar daripada kelaparan. Mudah banget untuk membuat nasi goreng yang sederhana, apalagi bahan dan bumbu-bumbunya bisa dengan gampang dapat ditemukan di dapur. Agar lebih enak lagi bisa ditambahkan telur ayam, sosis atau ayam goreng.

Resep dan cara memasak selengkapnya berikut ini :

Bahan-bahan Membuat Nasi Goreng :

  • 1-2 porsi/piring nasi putih ( 300-500 gram nasi )
  • 1-2 butir/biji telur ayam,yang akan dimasak orak-arik atau dikocok
  • 3-5 buah cabe merah atau sesuai selera
  • 2-5 buah cabai rawit potong serong (boleh tambah kalau kurang pedas)
  • 1-3 siung bawang putih, cincang halus atau iris tipis-tipis
  • 2-4 siung bawang merah, cincang halus atau iris tipis-tipis
  • 3 - 4 sendok makan kecap manis atau secukupnya
  • 1 - 2 sendok makan saos tomat atau secukupnya
  • 1 sendok makan margarin dan 1 sendok makan minyak sayur
  • 3 - 6 sendok makan Minyak goreng untuk menumis
  • Sambal terasi secukupnya saja
  • Garam secukupnya saja.
  • Penyedap rasa secukupnya saja.
  • Merica secukupnya atau sesuai selera
  • Kerupuk sebagai pelengkap rasa nikmat secukupnya
  • Irisan Timun / Acar yang telah dipercantik bentuknya
  • Irisan Tomat sesuai model selera masing-masing

Cara Membuat Nasi Goreng :

  1. Haluskan semua bumbu nasi goreng terlebih dahulu, setelah itu Tuang minyak goreng ke dalam wajan, panaskan dengan api sedang.
  2. kemudian masukkan 1 butir telur lalu selanjutnya orak-arik atau istilah kerennya oseng-oseng hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  3. Panaskan margarin dan minyak goreng terlebih dahulu, kemudian tumis bawang putih dan bawang merah dan cabai yang telah dihaluskan hingga matang tampak layu hingga keluar aroma berbau harum. 
  4. Masukkan bahan campuran seperti ayam, udang, dan sebagainya, lalu aduk hingga rata dan matang. 
  5. Masukkan nasi putih, aduk hingga rata dengan semua bahan diatas,
  6. Setelah rata,lalu tambahkan dengan saos tomat, kecap manis, telur,garam dan merica kemudian aduk hingga rata.
  7. Angkat dan  tiriskan sebentar untuk menyaring minyak goreng berlebihan yang ada dalam nasi goreng.
  8. Sajikan di piring,Nasi goreng siap untuk dihidangkan dalam keadaan masih hangat.
  9. Untuk mempercantik nasi goreng tersebut bisa ditambahkan dengan tomat, acar mentimun,kerupuk, dan irisan cabai merah sesuai selera.Bila perlu tambahkan lagi telur ceplok atau telur dadar biar lebih enak.

Untuk pembuatan nasi goreng dalam Jumlah porsi yang lebih banyak harus memperhatikan bumbu-bumbunya agar tetap terjamin rasanya. Buat yang tidak suka pedas, biji cabe merahnya dapat dibuang agar pedasnya berkurang meskipun itu cenderung hilang, namun jangan khawatir soal warna kemerahan nasi goreng tetap tampak tidak memudar.

Demikian cara membuat nasi goreng yang sederhana,simple dengan rasa yang tidak kalah dengan para chef di restaurant dengan citarasa yang dihasilkan.

Itu saja informasi mengenai bagaimana cara belajar memasak untuk pemula. Mungkin sobat pemula merasa bahwa tips yang admin sajikan ini belum lengkap dan belum memuaskan anda.

Akan tetapi harapan kami, semoga yang sedikit ini sudah bisa memberikan banyak manfaat dan bantuan untuk kita semua. Selamat belajar semoga sukses menjadi koki yang handal.

Tips Cara Belajar Memasak Untuk Pemula

Cara Memasak Nasi Goreng

Lebih baik untuk menghafalkan resep

Memahami berbagai macam bumbu dan bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak dan membuat makanan adalah tips jitu bagi pemula dalam belajar memasak. Jika sudah menguasai nama, jenis dan bentuknya secara nyata, maka sobat sudah selangkah lebih maju dalam usaha berlatih memasak.

Membeli buku resep yang sekarang sudah banyak beredar

Selain bermanfaat, buku resep bisa membantu sobat dalam mengetahui takaran dan panduan dalam proses pembuatan suatu makanan.Biasanya di buku resep ada banyak sekali varian yang bisa kita coba.

Melihat video memasak

Anda bisa melihat di berbagai referensi video memasak yang saat ini bisa dengan mudah ditemukan. Entah itu membeli atau mencari lewat internet misalnya dari youtube atau yang lainnya. Intinya agar para pemula bisa melihat secara langsung praktek memasak dari orang yang ahli di bidang memasak.

Bisa juga dengan melihat lomba-lomba atau kompetisi memasak

Dengan Kita ikut menonton secara langsung lomba memasak, maka Kita akan mempunyai pengalaman melihat secara langsung saat membuat makanan. Jadi Kita bisa mudah memahami dan meniru. Saat ini perlombaan memasak baik offline maupun di televisi biasanya sudah ada.

Praktek adalah nyawa dari sebuah usaha, termasuk usaha Kita dalam belajar memasak

Ketika sudah mempunyai begitu banyak referensi resep dan banyak sekali ide yang ingin dicoba tetapi Kita malas untuk memulai berlatih action ya akan susah dan sia-sia. Justru dengan praktek lah akan lebih cepat menguasai ilmu dan berbagai kemampuan dalam memasak.

Belajar langsung kepada orang disekitar yang menurut Kita lumayan jago dalam urusan memasak

Seorang ahli tidak harus orang yang sobat kenal. Simpel saja, misalnya saja Kita sangat ingin belajar membuat sayur lodeh. Selain sudah mencari berbagai informasi mengenai sayur lodeh, ada baiknya belajar langsung kepada orang yang sudah bisa dan jago membuat sayur lodeh. Katakanlah, teman sendiri.

Jangan malu-malu, tanyakan kepada dia dan suruh dia mengajari Kita sampai bisa dan mintalah untuk ditunggui saat Kita memasak dan suruhlah teman tersebut untuk mencicipi hasil masakan Kita. Bagaimana rasanya? apakah enak atau ada yang kurang? tanyakan kepada dia. Kita bisa belajar kepada siapapun, siapa saja bebas asalkan orang tersebut memang terbukti jago memasak.

Mengikuti kursus memasak

Hampir mirip dengan poin diatas, namun akan lebih bisa maksimal ketika orang yang Kita jadikan panutan saat kursus adalah benar-benar seorang koki handal. Saat ini mungkin saja tidak akan sulit untuk menemukan tempat untuk bisa belajar memasak.

Jangan gampang menyerah dan loyo

Baru mengalami kegagalan sekali dua kali saja Kita sudah ogah untuk kembali mencoba. Hindari berbagai keluhan semacam ini, "Ah rasanya kurang enak", "ah ternyata saya emang tidak bakat memasak", "ah ternyata cape", "ah ternyata sangat sulit ya....dst" .

Intinya kuatkan dalam diri bahwa anda bisa dan akan menguasai seluruh resep yang ada. Gitu ya, semangat dech.Weleh..... kayaknya admin super jago ya cara ngomongnya disini,tapi maaf ya admin disini juga sedang belajar dan marilah kita saling berbagi informasi dan ilmu karena itu adalah hal yang sangat terpuji.

9 comments for "Cara Cepat Belajar Memasak Nasi Goreng"

  1. salam kenal :D jangan lupa mampir ke blog saya

    ReplyDelete
  2. suplayer sepatu dan jam tangan langsung dari tangan pertama :)
    http://d3ra.com/products.php

    ReplyDelete
  3. izin gan...
    yang mau bisnis pulsa
    kunjungi yuk
    http://infopulsamedia.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat dan sehat memang sangat penting, akan tetapi mengolah memasak secara tepat juga sama pentingnya.

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    ReplyDelete
  6. memang nasi goreng paling top,,
    ijin sedot mas,,

    ReplyDelete